18 March 2015

Pemkab Gianyar dan Kodim 1616 Gianyar Tandatangani MoU di Bidang ketahanan Pangan

Untuk percepatan pencapaian ketahanan pangan nasional dan guna mendukung produktifitas tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat, Pememerintah Kabupaten Gianyar dan Kodim 1616 Gianyar mengadakan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Peningkatan Ketahanan Pangan di Kabupaten Gianyar. MoU ditandatangani oleh Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata bersama Komandan Kodim 1616 Gianyar Letkol. Inf. Rachmad .PS.SIP.M.SI di Ruang Sidang Uatama Kantor Bupati Gianyar, (17/3). 

Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf. Racmad PS pada kesempatan itu mengatakan,kegiatan di bidang pertanian kerjasama TNI dengan Pemkab. Gianyar sebenarnya sudah dimulai sejak setahun yang lalu. Penandatangan MoU  hanya penguatan di bidang kerjasama saja. seperti dikatakan, tugas seorang tentara itu tidak hanya membela negara saja, namun juga berkewajiban untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

“Kami punya prajurit dan semangat yang tinggi untuk membantu masyarakat di bidang pertanian, namun secara teknis pengaturannya kami serahkan pada Pemkab. Gianyar,” kata Racmad PS

Bahkan beberapa waktu lalu, anggota TNI khususnya Babinsa bekerjasama dengan dengan Dinas Pertanian telah ikut  melakukan dalam membantu petani dibeberapa wilayah Gianyar dengan menjadi operator traktor dan ikut menanam padi.

Bupati Gianyar, A.A Gde Agung Bharata menyambut gembira MoU dengan pihak TNI ini. Karena menurutnya semangat dan disiplin para prajurut ini dapat ditularkan para para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Petanian dan para petani yang ada di Kabupaten Gianyar.  Bupati Bharata juga berharap selain swasembada pangan khususnya tanaman padi, tanaman kedele dan jagung juga harus mendapat perhatian lebih. Karena kedua jenis tanaman ini dapat sebagai  bahan pokok alternative penganti beras.

Meski di Kabupaten Gianyar terkenal sebagai daerah wisata, Bupati Bharat berharap budaya pertanian jangan sampai tergerus dan kemudian punah. Tidak dapat dipungkiri jati diri masyarakat Gianyar adalah di bidang pertanian.

“Saya berkeinginan dengan pertanian mampu menghidupi seluruh keluarga, jika sudah pnya prinsip seperti itu niscaya budaya petanian diBali dapat terjaga dengan baik,” harap Bupati Agung Bharata.

Sementara itu Kadis Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Gianyar, Ir. I Gusti Ayu Hariani, dalam laporannya mengatakan,  kerjasama ini bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan yang sinergi saling membantu dalam penyelenggaraan kegiatan bidang pertanian antara Pemkab. Gianyar dengan Kodim 1616 Gianyar. sebagai dasar pelaksanaan MoU ini adalah nota kesepahaman antara Menteri Pertanian dengan panglima TNI, tentang kerjasama program pembangunan pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Penandatangan MoU dihadiri oleh sekitar 200 undangan yang terdiri dari, Penyuluh Pertanian dan Kepala UPT Pertanian Kecamatan se-Kabupaten Gianyar, Danramil dan Babinsa se-Kabupaten Gianyar, dan para pejabat di lingkungan Pemkab. Gianyar dan Kodim 16161 Gianyar. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .