06 May 2015

Pemkab. Gianyar dan Kodim 1616 Gianyar Panen Padi Bersama Petani

Pemkab. Gianyar bersama Kodim 1616/Gianyar selalu berupaya mempelopori kegiatan program ketahanan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Gianyar. Hal tersebut terwujud dalam kegiatan memanen padi bersama dengan perwakilan Bank Indonesia daerah Bali dan anggota Subak Pulagan, Desa Tampaksiring di areal sawah Subak Pulagan, Desa Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, yang merupakan Subak Warisan Budaya Dunia, (5/5).

Sinergi dan saling dukung antara Pemkab. Gianyar dan Kodim 1616/Gianyar dalam mewujudkan swasembada pangan harus selalu dilakukan agar kesejahteraan petani maupun masyarakat lebih meningkat. TNI mempunyai kepentingan dalam terwujudnya swasembada pangan karena keberhasilan dalam mewujudkan swasembada pangan dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan menuju ketahanan nasional.

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Rahmad. PS, S.I.P, M.Si mengatakan dari kegiatan ini Kodim 1616/Gianyar ikut membantu pelaksanaan panen padi agar petani mau memanen hasil sawahnya sendiri dan menjual sendiri gabah sesuai dengan HPP yang telah ditentukan. Hal ini merupakan salah satu upaya agar hasil panen yang dikerjakan dapat dinikmati petani secara utuh. Sedangkan untuk penjualan Gabah diharapkan dapat sesuai dengan indek HPP serta petani tidak tergoda oleh tengkulak yang berupaya memberi harga lebih tinggi dari HPP. Diharapkan dengan cara panen dan menjual sendiri akan meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan Swasembada Pangan di Kabupaten Gianyar.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Kab. Gianyar, I Gusti Ayu Dewi Hariani menyampaikan dengan memanen padi sendiri, petani dapat memanfaatkan jerami sisa hasil panen untuk digunakan sebagai pupuk organik, dimana hal ini akan mengurangi penggunaan pupuk non organik.

“Dengan adanya kebersamaan Kodim 1616/Gianyar bersama warga dalam kegiatan ini diupayakan dapat merangsang minat petani atau Subak untuk lebih menggunakan kemampuan sendiri untuk meraih hasil panen yang maksimal” Tambah Hariani.

Pekaseh Subak Pulagan, Sdr. Sang Nyoman Astika menyampaikan bahwa dengan bantuan dari Kodim 1616/Gianyar yang ikut melakukan panen bersama,  dirinya merasa terbantu karena selama ini memang terkendala tenaga untuk ikut memanen hasil padi.

Kegiatan panen bersama dilanjutkan dengan temu tani bersama Krama Subak Pulagan yang dihadiri juga oleh perwakilan BI Bali. BI Bali telah memberikan bantuan dan melaksanakan program pendampingan bagi petani di Subak Pulagan, sehingga diharapkan Subak Pulagan yang merupakan warisan Budaya Dunia dapat tetap lestari dan petani juga mendapatkan keuntungan ekonomi dari pengelolaan pertanian yang efisien dan sesuai arahan teknis dari Dinas Pertanian kab. Gianyar. (Humas Gianyar/dd)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .