21 July 2014

Pemkab. Gianyar Cover Nelayan Dengan Life Jacket Dan BPJS

Pemeritah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia memberikan bantuan 185 paket Life Jacket (Alat Keselamatan Kerja) dan Sarana Penangkap Ikan  kepada nelayan di Desa Lebih dan sekitarnya bertempat di wantilan Desa Lebih, (19/7). Penyerahan secara simbolik dilakukan Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata, didampingi jajaran Muspika, Kepala Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Kanwil BPJS) Ketenagakerjaan Bali dan Nusa Tenggara, serta Kepala SKPD terkait di Kabupaten Gianyar.

Pemberian tersebut dilaksanakan untuk memberi rasa aman terhadap para nelayan yang mencurahkan segenap hidupnya di lautan untuk mengais nafkah di tengah musim yang semakin tak menentu ini.”Jika musim barat tiba, gelombang laut menjadi tinggi dan cuaca tak bersahabat, tentu dengan kondisi demikian para nelayan akan enggan melaut lantaran khawatir terkena musibah hingga berimbas terhadap turunnya pendapatan nelayan itu sendiri.”Tutur Agung Bharata.

Lebih lanjut Bupati menekankan pentingnya mengenakan Life Jacket sebagai salah satu alat keselamatan di laut. Dalam kondisi apapun, Life Jacket harus selalu dibawa dan dipakai. Pasalnya, Life Jacket dapat memperkecil adanya korban jiwa jika terjadi kecelakaan di laut.”Saya berharap, nelayan yang sudah menerima bantuan life jacket tidak sekedar menjadikannya pajangan, tetapi disiagakan di perahu masing – masing guna mengantisipasi kecelakaan laut.”Tegasnya.

Berbicara mengenai resiko kecelakaan kerja, tentu para nelayan mempunyai resiko yang sangat besar dalam melaut bahkan yang terburuk akan mengakibatkan kematian. Maka dari itu perlu adanya jaminan sosial bagi para nelayan, baik jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian guna mengurangi beban yang diakibatkan kecelakaan kerja yang mesti ditanggung istri dan anak – anak para nelayan.

Bupati Gianyar menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Bali dan Nusa Tenggara, Sri Surastono beserta jajarannya yang telah memberikan motivasi kepada para nelayan, sehingga mereka bersedia ikut dalam kepesertaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Jaminan social tersebut sangat penting. Pasalnya, jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, misalnya kecelakaan kerja maupun kematian, maka ahli waris atau keluarga nelayan akan mendapatkan santunan.

Ketua Kelompok Nelayan Putra Samudra, Made Ana menyatakan terima kasih sebesarnya terhadap pemerintah atas segenap bantuan yang diberikan.”kami ucapkan terima kasih atas besarnya perhatian dan bantuan pemerintah terhadap kelangsungan hidup para nelayan, bantuan ini sangat berguna untuk kami dalam menghadapi kerasnya gelombang laut, dan akan membuat kami merasa lebih terlindungi dengan adanya Life Jacket dan perlindungan dari BPJS.”ucapnya. (Huams Gianyar/Ari)

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .