21 October 2015

Pemkab. Gianyar Berikan Penghargaan Kepada Dua Tokoh Pariwisata Asal Puri Ubud

Gianyar sebagai destinasi wisata dunia, tak terlepas dari peran beberapa tokohnya, untuk berkomitmen tinggi untuk menumbuh kembangkan, dan membangun pariwisata di Kabupaten Gianyar. Selama ini, dedikasi, loyalitas dan pengorbanan para tokoh yang berjasa dalam bidang ini begitu luar biasa. Sebagai bentuk apresiasi, Pemkab. Gianyar melalui Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata memberikan penghargaan kepada pioneer pariwisata di Kabupaten Gianyar. Kedua tokoh yang diberikan penghargaan adalah (alm) Tjokorda Gde Rake Sukawati  asal Puri Ubud sebagai pelopor pembangunan kepariwisataan melalui kerja sama dan pemasaran, dan adik kandungnya (alm) Tjokorda Gde Agung Sukawati yang juga dari Puri Ubud sebagai perintis pembangunan kepariwisataan melalui pemberdayaan masyarakat, seni, dan budaya.

Hal ini disampikan Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra pada acara rapat evaluasi pemberian penghargaan terhadap tokoh pioneer pariwisata di Kabupaten Gianyar di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, (20/10).

Gus Gaga menyampaikan rasa bangga, terhadap kerja keras dari tim seleksi tokoh – tokoh seni dan budaya . Karena telah bekerja keras, mengimplementasikan keinginan dari segenap pimpinan Pemkab. Gianyar, dalam upaya menghargai keberadaan tokoh – tokoh besar di Kabupaten Gianyar. Dirinya ingin menggugah masyarakat di Kabupaten Gianyar, untuk sadar kalau Gianyar menjadi besar, khususnya di bidang pariwisata, oleh tangan dingin dari kedua tokoh yang dimaksud.

“Ini (pemberian award) langkah awal kita semua, menghargai putra – putra Gianyar yang memberi pengaruh besar dalam berbagai bidang. Penghargaan pertama kita mulai dari bidang pariwisata, karena bidang tersebut sejauh ini masih menjadi tulang punggung utama di Kabupaten Gianyar, tanpa mengesampingkan bidang lainnya yang tidak kalah penting,”ucap Gus Gaga.

Kepala Dinas Pariwisata Gianyar, Anak Agung Ari Brahmanta, menejelaskan Pemkab. Gianyar, melalui Dinas Pariwisata (Diparda) beserta Tim Ahli Seni dan Budaya Kabupaten Gianyar telah  melakukan seleksi dari tim yang secara khusus dibentuk, untuk menelaah tokoh – tokoh besar di Kabupaten Gianyar yang memberi sumbangsih terhadap pembangunan di berbagai bidang.”Untuk saat ini, kami fokuskan penghargaan di bidang pariwisata,”ucap pria asal Ubud tersebut.

Salah satu tim seleksi Wayan Geria mengatakan, tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat jati diri Kabupaten Gianyar sebagai salah satu destinasi pariwisata di dunia. Julukan Gianyar sebagai gumi seni dan budaya sudah sangat menyejarah, disusul dengan status Gianyar sebagai Kota Pusaka kini sedang bangkit.

“Inisiatif penghargaan terhadap tokoh perintis pariwisata tepat sekali, sebagai upaya mengenalkan kepada generasi muda, bahwa Kabupaten Gianyar sangat berkomitmen besar dalam memajukan perkembangan pariwisata yang berlandaskan seni, budaya,”tuturnya.

Ketua tim seleksi Prof Wayan Bandem menerangkan, penghargaan yang diberikan nanti bernama Parama Bhakti Pariwisata. Dalam harfiahnya berarti pengabdian tertinggi yang paling tulus di bidang pariwisata. Alasan dipilihnya kedua tokoh tersebut, berdasarkan kajian – kajian dan penelitian secara mendalam, melalui hasil dari diskusi. Aspek yang dijadikan penilaian menyangkut dari segi manfaat, pengembangan prestasi, konsistensi. Dari keseluruh aspek itu, dua tokoh yang disebutkan paling pantas memenuhi segala aspek tersebut. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .