23 December 2014

Pemkab. Gianyar Berharap Bali United Pusam Berdayakan Pemain Lokal

Kesepakatan kerjasama terkait penggunaan Stadion Dipta antara Pemkab. Gianyar dengan PT. Bali Bintang Sejahtera selaku pengelola Klub Bali United Putra Samarinda (PUSAM) memasuki tahap akhir. Pembicaraan alot terjadi antara Pemkab. Gianyar yang di wakili Asisten II, I Ketut Suwetha  dengan owner Bali United Pusam, Yabes Tanuri yang didampingi Kuncoro Mangkunegoro di ruang kerja Sekdakab Gianyar, (22/12).

Sebagai tahap awal pelaksanaan kerjasama tesebut akan di buat MoU antara Pemkab. Gianyar dengan PT. Bali Bintang Sejahtera selaku pengelola Bali United Pusam. Hal ini dilakukan untuk mengejar target waktu penyiapan stadion sehingga masuk dalam standar Liga. Mulai dari pemasangan lampu stadion, service pada gawang, rajutan jaring gawang, scoring board juga bench pemain.

Asisten II Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suwetha dalam pertemuan tersebut menegaskan, Pemkab. Gianyar pada dasarnya sangat mendukung penggunaan Stadion Dipta sebagai home base dari Bali United Pusam. Pemanfaatan Stadion Dipta ini akan memberi dampak yang positif bagi perkembangan dan bangkitnya persepakbolaan di Gianyar. Namun terlepas dari semua itu, perlu disepakati sistem pemanfaatan yang akan digunakan nanti sehingga tidak melanggar perundang – undangan yang ada. Proses kerjasama nanti akan mengacu pada PP No 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah serta Perbub No 9 Tahun 2013 tentang mekanisme kerjasama.

“Ada mekanisme dalam pemanfaatan asset daerah. Ini perlu disepakati sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” terang Ketut Suwetha.

Disamping itu, Ketut Suwetha mengatakan, dalam pelaksanaan kerjasama nanti, Stadion Dipta juga tetap bisa digunakan untuk kegiatan pertandingan lokal serta kegiatan senam Jumat Pagi yang selama ini dilaksanakan di stadion. Sedangkan, untuk perkantoran yang ada di sana, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran serta Palang Merah Indonesia (PMI) tetap berada disana dengan status quo.

Owner Bali United Pusam, Yabes Tanuri mengatakan, pihaknya telah menyediakan anggaran untuk perbaikan Stadion sebesar Rp. 5 Milyar. Dari dana yang dianggarakan tesebut, kemungkinan akan lebih besar karena standar stadion harus mengikuti peraturan PT. Liga. Sebanyak 108 titik lampu berkekuatan 2000 Watt dengan kekuatan cahaya lampu sebesar 800 Lux akan dipasang di Stadion kebanggaan masyarakat Gianyar tersebut guna memenuhi standarisasi Liga.

Terkait pemasangan lampu itu sendiri, untuk tahap awal pihaknya bersama – sama perwakilan Pemkab. Gianyar tengah menyusun draf MoU agar perbaikan serta penambahan lampu tersebut bisa segera dikerjakan.

“Untuk lampu dan tiangnya kami sudah ada, tinggal waktu pengerjaannya saja.  Setelah kesepakatan dengan Pemkab terjalin, pengerjaannya akan segera kami lakukan mengingat pada Februari 2015, Indonesia Super League (ISL) sudah mulai bergulir,” terang Yabes.

Berdasarkan hasil kesepakatan awal antara Pemkab. Gianyar dengan pihak PT. Bali Bintang Sejahtera selaku pengelola Bali United Pusam, biaya yang timbul dari penambahan kelengkapan stadion tersebut akan dibebankan kepada PT. Bali Bintang Sejahtera dan selanjutnya segala bentuk penambahan kelengkapan seperti lampu, akan menjadi milik Pemkab. Gianyar. Untuk meningkatan gairah persepakbolaan di Kabupaten Gianyar, Bali United Pusam juga nantinya diwajibkan untuk memberdayakan pemain lokal Gianyar.

Pelatih Bali United Pusam, Indra Safri, rencananya akan bertandang ke Bali untuk melakukan seleksi untuk putra daerah pada 26 s.d 27 Desember mendatang di Lapangan Banteng, Kuta. Para pemain hasil seleksi ini nantinya akan tergabung dalam tim ISL Putra Daerah. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .