27 August 2014

Pemkab Gianyar Berdayakan Puskemas Pembantu

Keberadaan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kabupaten Gianyar menjadi perhatian serius Pemkab Gianyar. Pasalnya, Pustu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas diharapkan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan, terutama  melayani masyarakat pedesaan yang jauh dari puskesmas, klinik dan rumah sakit.

Sebagai wujud keseriusan pemberdayaan Pustu, Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra bersama Asisten II, I Ketut Suweta dan sejumlah pejabat terkait mengunjungi sejumlah Pustu, Selasa (26/8) dan Rabu, (27/8). Kunjungan juga untuk mengetahui permasalahan masing-masing Pustu. Adapun Pustu yang dikunjungi diantaranya rehabilitasi Puskesmas Pembantu Taro 2, Pustu Manukaya Tampaksiring, Pustu Abianbase Gianyar dan Pustu Banjar Gelumpang Sukawati.

Dari hasil kunjungan itu ditemukan beberapa permasalahan yang segera akan mendapatkan pembenahan yakni kurangnya tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat, terutama pada Pustu yang terdapat di daerah terpencil seperti daerah Tegallalang dan Payangan. Rata-rata Pustu di tempat ini  terdapat 1 petugas kesehatan. Sementara Pustu di daerah ini merupakan tempat yang pertama kali dituju masyarakat ketika butuh pengobatan, karena jarak klinik dan rumah sakit yang jauh. Belum lagi ketika ada kegiatan Posyandu yang membutuhkan lebih banyak tenaga.

“Idealnya dalam satu Pustu minimal ada dua tenaga kesehatan baik bidan dan perawat,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Cahyani seraya menambahkan total tenaga kesehatan yang ada di Pustu  seluruh Gianyar sebanyak 151 orang. Dari jumlah tersebut diperlukan tambahan tenaga kesehatan untuk Pustu lagi 21 orang.

Ditambahkan, tahun ini  telah dilakukan kajian analisa untuk  jumlah tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di masing-masing Pustu, tergantung dari  jumlah penduduk, luas wilayah dan program yang dirancang. Hingga tahun 2014 ini terdapat 64 Pustu yang tersebar pada tujuh kecamatan. Dari jumlah tersebut, 14 Pustu dalam perbaikan karena mengalami kerusakan sedang dan berat.

“Tahun ini sebanyak delapan Pustu dalam perbaikan  dan sisanya  yang rusak berat menjadi prioritas  perbaikan tahun 2015,” jelas Ida Ayu Cahyani. Perbaikan tidak hanya fisik, juga penambahan  alat –alat medis dan penempatan tenaga kesehatan yang memadai. Tenaga kesehatan Pustu sendiri sudah disediakan  rumah dinas dan 1 unit sepeda motor untuk operasional.

Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra  dalam kesempatan itu mengatakan,  Pustu memang menjadi program Pemkab Gianyar untuk diberdayakan, karena Pustu menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan masyarakat terbawah. Untuk itu, dilakukan perbaikan gedung, kelengkapan alat medis dan penempatan tenaga kesehatan yang memadai, sehingga masyarakat merasa nyaman saat berobat. Bahkan Gedung Pustu sendiri akan dilengkapi dengan ruang anak-anak, sesuai predikat Gianyar menuju Kabupaten  Layak Anak (KLA).

“Lewat pemberdayaan Pustu,  diharapkan  masyarakat mendapat akses pelayanan kesehatan yang cepat dan terjangkau,” tegas Ida Bagus Gaga. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .