10 August 2014

Pemkab. Gianyar, Bangun Kedisplinan Lewat Lomba Upacara Bendera

Puluhan peserta mengikuti Lomba Upacara Bendera serangkain peringatan HUT ke 69 Republik Indonesia di Gedung Olah Raga (GOR) Kebo Iwa Gianyar, (10/8). Tampak raut wajah keseriusan para peserta yang bertugas sebagai pejabat upacara pada lomba yang baru kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Gianyar.

Ketua Panitia Pelaksana, I Gede Astawa mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab. Gianyar. Dalam satu tim terdapat 15 orang sebagai pejabat upacara yakni, Irup, Ajudan, Perwira, Komandan Upacara, Komandan Pasukan lima orang, pengibar bendera tiga orang, Pembaca UUD 1945, Panca Prasetya KORPRI dan Pembawa Acara. Dalam pelaksanaan lomba,  penilaian dilakukan terhadap masing – masing pejabat upacara. Dimana kategori penilaian meliputi, kekompakan, penguasaan terhadap pasukan, sikap dan gerak, ketegasan, ketepatan dan kejelasan perintah/laporan, serta kualitas suara.  Sementara untuk penjurian sendiri dilakukan oleh unsur Kepolisian dan KODIM.

Sekdakab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengatakan, pelaksanaan Lomba Upacara Bendera ini bukan semata – mata sebagai kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke 69 Republik Indonesia. Namun, lebih kepada memberi pemahaman kepada seluruh pegawai baik pejabat maupun staf tentang tata cara upacara bendera yang baik. Sehingga ke depan, seluruh pegawai mempunyai kesiapan apabila ditugaskan sebagai pejabat upacara.

“Pelaksanaan upacara penuh dengan kedisplinan. Melalui lomba ini, kami ingin membangun kedisplinan itu dari pribadi peserta dahulu sehingga nanti bisa menular kepada pegawai yang lain,” terang Gus Gaga.

Untuk selanjutnya, Gus Gaga berharap yang menjadi pejabat upacara pada pelaksanaan Upacara Bendera selanjutnya dilaksanakan secara bergilir oleh masing – masing SKPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar. (Humas Gianyar/Set)

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .