26 March 2014

Pemetaan Minat Dan Bakat Pendidikan Di Kabupaten Gianyar Mulai Diperhatikan

Mengingat Kabupaten Gianyar merupakan daerah seni, pariwisata dan agraris, dimana bidang ini banyak menyerap tenaga kerja, sehingga output keahlian dari pendidikan siswa harus sesuai dengan keberadaan dan perkembangan dunia usaha/ dunia industri. Untuk itu perlu diadakan suatu pemetaan minat dan bakat pendidikan. Dengan adanya pemetaan minat dan bakat dalam bidang pendidikan diharapkan mampu memberikan gambaran pemetaan sehingga memudahkan pengambilan kebijakan dalam pendirian sekolah dan penentuan program keahlian. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi jenjang pendidikan di Kabupaten Gianyar, (18/3) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sukawati Gianyar.

Dalam sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan Asisten Administrasi Umum III Wayan Sudamia, SE,MH mengatakan bahwa sampai saat ini masih dirasakan adanya berbagai masalah dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Gianyar. Mulai dari mutu, jumlah dan penyebaran tenaga pendidik, sarana prasarana, manajemen sekolah, prilaku peserta didik, dan bahkan penuntasan buta aksara juga belum sepenuhnya berhasil dan banyak lagi hal hal yang lain yang kurang mendukung kemajuan bidang pendidikan. Menyikapi kondisi pendidikan seperti itu maka semua pihak terkait harus lebih meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan peran dan fungsi masing masing.

Melalui Rapat Koordinasi Jenjang Pendidikan Kabupaten Gianyar diharapkan dapat membantu pimpinan daerah merencanakan dan melaksanakan serta memecahkan masalah masalah kebijakan pendidikan di Kabupaten Gianyar. Hal ini sejalan dengan tuntutan dan kewenangan pemerintah daerah di era otonomi daerah. Untuk itu rapat koordinasi ini sangat diperlukan untuk mensinkronkan berbagai kebijakan pendidikan nasional dan daerah sehingga membantu memecahkan berbagai permasalahan pendidikan melalui pendataan/ statistik sekolah, kurikulum, penilaian pendidikan dan aspirasi masyarakat. Sementara perumusan hasil rakornas jenjang pendidikan Kabupaten Gianyar nantinya akan disusun oleh Tim Rekomendasi yang terdiri dari pemetaan pendidikan, dewan pendidikan dan komite sekolah di Kabupaten Gianyar dan peserta rakornas. Selanjutnya rumusan hasil tersebut disajikan dalam rapat umum untuk mendapatkan tanggapan dan persetujuan peserta sebelum disyahkan menjadi Rekomendasi Jenjang Pendidikan Kabupaten Gianyar Tahun 2014.

Rapat Koordinasi menghadirkan 2 narasumber yakni Ketua Komite SMP Negeri 1 Gianyar Cokorda Ngurah Suyadnya dengan judul materi Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan, dan dari Dewan Pendidikan Ketut Witarka Tudiarta beserta tim dengan judul materi Pemetaan Pendidikan di Kabupaten Gianyar. Sementara peserta kegiatan Rakornas Jenjang Pendidikan kali ini diikuti oleh 175 peserta yang terdiri dari unsur Dewan Pendidikan, Kepala Sekolah TK/SD,SMP,SMA/SMK Negeri dan Swasta, Kepala UPT dan semua Pengawas Sekolah dari tingkat TK/SD, SMP, SMA/ SMK SE- Kabupaten Gianyar serta beberapa pengurus komite sekolah. (Humas Gianyar/netty)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .