30 March 2015

Pembinaan Ke Sentra Pengerajin, Dekranasda Kabupaten Gianyar Gandeng Desainer

Untuk lebih meningkatkan kualitas produk kerajinan di Gianyar, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gianyar rutin mengadakan pembinaan ke sentra-sentra pengerajin di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar. Dalam kunjungan tersebut, dapat diketahui secara langsung apa yang menjadi hambatan para pengerajin dalam berproduksi.

Seperti saat kunjungan Dekranasda ke pengerajin tenun ikat Sri Sedana Br. Palak Sukawati , Wisnu Murti di Desa Keramas dan salah satu pengerajin perak  Mada Gold di Desa Singapadu , pada 27 Maret lalu. Pembinaan yang dipimpin langsung Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, banyak memberikan masukan tentang masalah kreatifitas pengerajin tentang desain produk, pengemasan, permodalan hingga masalah pemasaran.

Seperti ditegaskan oleh Ny. Adnyani Mahayastra saat dihubungi  terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh pengerajin di Gianyar, (29/3).  Menurutnya agar mampu bertahan ditengah gempuran dari produk sejenis, pengerajin harus mampu berinovasi mengikuti selera pasar. Apalagi kita akan menghadapi MEA yang menuntut kreatifitas para pengerajin agar mampu bersaing menembus pangsa pasar dunia.

Makanya setiap pembinaan yang dilakukan selalu melibatkan langsung orang-orang yang memang ahli dibidangnya, seperti desainer Bintang Mira dan Cok Abi. Seperti saat pembinaan di sentra kerajinan tenun ikat,  desainer Bintang Mira dan Cok Abi banyak memberikan masukan tentang desain yang bagus dan lagi diminati.  Begitu juga dengan desain motif pada kerajinan perak, saat ini selain motif perhiasan tempat perhiasannya juga harus diperhatikan. Itu merupakan satu kesatuan yang dapat menarik minat pembeli.

Dijelaskan juga pada industri tekstil di Gianyar, Ny. Mahaystra juga mengakui salah satu kendala yang dihadapi pengerajin adalah regenerasi tenaga kerja khususnya tukang tenun. Untuk mengatasi masalah tersebut, Dekranasda Kabupaten Gianyar juga bekerjasama dengan sekolah keguruan (SMK) yang ada di Kabupaten Gianyar untuk melatih para siswa belajar menenun. Ini penting karena menjadi seorang penenun, bukanlah pilihan pekerjaan yang diinginkan generasi muda saat ini.

“ Mengenalkan cara menenun pada anak-anak muda, merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dan mencintai sekaligus upaya melestarikan menenun dengan cara ATBM,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra. 

Dengan adanya pembinaan rutin ke sentra-sentra kerajinan ini, diharapkan kendala-kendala yang dihadapi para pengerajin dapat diatasi. pembinaan juga melibatkan Dinas/Instandi terkait seperti Disperindag Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .