17 July 2014

Pembekalan Administrasi Perangkat Desa se-Kab. Gianyar

Dengan ditetapkannya Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang desa oleh pemerintah pusat, mewajibkan pemerintah daerah untuk meningkatkan SDM di tingkat desa. Perangkat desa harus memiliki kemampuan dan pengetahuan sehingga dapat menyusun kegiatan pembangunan di desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan. Hal ini ditekankan Bupati Gianyar  A.A Gde Agung Bharata saat membuka Pembekalan untuk perangkat desa dan kelurahan di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (15/7).

Apalagi kini Pemkab. Gianyar tengah percepatan pelaksanaan program Siaga Desa Swatantra, SDM para perangkat desa dan kelurahan sangat diperlukan. Siaga desa swatantra memberikan kesempatan pada masyarakat desa dalam membangun desanya. Dalam program ini desa diberikan hak untuk mengelola dana yang cukup besar, hingga timbul kekhawatiran ketidak siapan SDM perangkat desa dalam mengelola dana tersebut. “ Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar sebaik-baiknya, karena resiko yang dihadapi nanti cukup besar,” tegas Bupati Agung Bharata.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyarankan dalam menjalankan tugas jangan melupakan masalah disiplin dan rapat. Rapat itu penting sebelum memulai suatu tugas atau kegiatan, karena dalam rapat akan dicapai suatu kesepakatan untuk menyelesaikan suatu masalah.  “ Rapat juga harus diikuti dengan action merealisasi hasil rapat, jangan mengendap begitu saja,” tegas Bupati Agung Bharata.

Sementara itu ketua panitia, Kabag Pemerintahan Desa Setda kab. Gianyar I Ketut Suastika, mengatakan pembekalan ini bertujuan terwujudnya tertib administrasi desa, terutama tertib penatausahaan keuangan desa/kelurahan, penguatan lembaga desa dan suksesnya penyelenggaraan PNPM Mandiri Pedesaan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel. Pembekalan dilaksanakan selama 2 hari (15-16 Juli 2014) dan diikuti 140 orang terdiri dari Sekdes dan Kaur Keuangan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Gianyar.

Pembekalan menghadirkan nara sumber dari Inspektorat wilayah Kab. Gianyar dengan materi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa, Bagian Keuangan dengan materi Pengelolaan Keuangan Desa, Kantor Perpustakaan dan Arsip daerah dengan materi pengelolaan arsip dan Bagian Pemerintahan Desa dengan menyajikan materi Admisnistrasi Pemerintahan Desa.

Turut hadir dalam acara pembukaan pembekalan itu Sekkab. Gianyar I.B Gaga Adi Saputra, camat dan kepala SKPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .