06 June 2014

Pembangunan Jalan Panempahan-Malet Diharapkan Tingkatkan Perekonomian Desa

Pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah pedesaan akan dapat meningkatkan roda perekonomian desa terutama daerah terpencil. Hal ini diungkapkan Sekda Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra saat meninjau pembangunan Jalan Banjar Panempahan tembus Banjar Malet Desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, (6/6).

Jalan sepanjang 1,2 km dan lebar 7 meter ini adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bersama masyarakat  yang telah dikerjakan sejak 21 Mei 2014 dan saat ini dalam tahap pengerasan.

Sekda I.B Gaga Adi Saputra didampingi unsur Muspika dan rombongan TNI meninjau jalan dengan berjalan kaki dari Banjar Malet hingga Banjar Panempahan dan langsung meninjau bedah rumah milik Nyoman Ubud yang juga bagian program TMMD.

Dalam kesempatan itu I.B Gaga Adi Saputra mengungkapkan program TMMD dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah memberdayakan wilayah pertahanan dan meningkatkan kegiatan pembangunan di daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah terpencil. Selain itu, mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju sejahtera dan mandiri.

“Pembukaan jalan desa memudahkan aktivitas masyarakat terutama mendukung sektor perekonomian. Jadi, program TMMD sangat bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat,” tegas I.B Gaga Adi Saputra.

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Kapten CPL. Ketut Parswa yang bertugas mengerahkan anggota menjelaskan program TMMD yang dipusatkan di Tampaksiring ini  merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem bottom up planning.

Kegiatan TMMD ungkapnya,  difokuskan pada dua sasaran yaitu sasaran fisik terutama pembukaan jalan dan bedah rumah. Kegiatan dilakukan masyarakat bekerja sama dengan aparat selama 21 hari mulai tanggal 21 Mei hingga 10 Juni 2014.

Sementara Nyoman Ubud yang mendapat bantuan bedah rumah menyampaikan terima kasih atas kepedulian TNI dan Pemkab Gianyar dalam memperhatikan pembangunan di daerah pedesaan. Diharapkan, program ini berkelanjutan dan perekonomian di pedesaan kian  meningkat. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .