27 October 2014

Pemahaman Tentang Berbusana Adat Yang Benar

Seni budaya tradisional Bali merupakan salah satu pendukung dan  penunjang Pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Gianyar, untuk melestarikan seni budaya tersebut dinas pariwisata bersama Jegeg Bagus gianyar menggelar talkshow dan lomba Busana  adat ke pura tingkat SMA/SMK se Kabupaten gianyar di balai budaya Gianyar, (24/10).

Lomba  di ikuti oleh 36 pasang peserta putra putri dari anak – anak SMA/SMK se- Kabupaten Gianyar . Pada perlombaan tersebut, di peragakan cara memakai busana ke pura yang benar. Secara umun yang di nilai adalah kerapian, keserasian, dan penampilan.

Ketua Panitia I Made Artha Yasa menjelaskan, saat ini anak muda maupun dewasa telah meninggalkan pakem – pakem bagaimana tata cara berbusana yang baik dan benar, terutama dalam berbusana adat ke pura. Kita tidak bisa lepas dari symbol – symbol dan etika serta estetika yang terdapat pada busana adat ke pura tersebut.

Melalui lomba busana  ini diharapkan para peserta dapat menerapkan cara berpakaian sesuai dengan pakem yang ada. Selain itu,  para peserta dapat membagi ilmu cara berpakaian adat pada teman-teman lainnya sehingga cara berpakaian ke pura tidak lagi ada penyimpangan yang dapat berpengaruh negatif. Dalam perlombaan ini juga, mengajak guru setiap sekolah agar turut memberikan perhatian terhadap pakaian anak-anak terutama dalam berpakaian ke pura. “Tambah I Made Artha Yasa.

Assisten administrasi pemerintahan dan kesra setda kabupaten Gianyar Cokorda Rai Widiarsa Pemayun menegaskan untuk bersama – sama melestarikan Seni Busana tradisional Bali sebagai asset untuk menunjang pembangunan dan Pengembangan Kepariwisataan, sehingga Gianyar tetap di minati oleh wisatawan mancanegara dan domestic.

Cok Rai Widiarsa juga mengapresiasi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gianyar yang mengikutsertakan anak didiknya untuk mengikuti lomba busana ini. Ia berharap dengan seringnya dilaksanakan perlombaan semacam ini, para generasi muda semakin paham akan berpakaian ada ke pura yang benar.

Tidak hanya lomba busana saja, peserta dan masyarakat yang hadir di balai Buadaya Gianyar diberikan pemaparan tentang busana adat ke pura yang baik dan benar oleh I made Togog. Dengan tema “Busanamu Cermin Budayamu”.  dengan semakin pahamnya masyarakat maupun generasi muda dengan cara berpakaian yang baik di harapkan mampu melestarikan adat seni budaya masyarakat hindu. (Humas Gianyar/DEDE)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .