23 June 2014

Peluang Kerja Gianyar Direbut Naker Luar Bali

Seiring perkembangan pariwisata, peluang kerja bagi tenaga kerja cukup banyak, khususnya di sektor konstruksi dan bangunan. Namun tenaga kerja Gianyar masih banyak yang memilih-milih pekerjaan, sehingga peluang kerja tersebut direbut oleh tenaga kerja yang berasal dari luar Bali.

Hal ini disampaikan Asisten III Wayan Sudamia  membacakan sambutan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata pada acara pembukaan sosialisasi kebijakan dan mekanisme program penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri tahun 2014 di Kabupaten Gianyar, di obyek wisata Taman Nusa, Sidan, Gianyar, (20/6).

Kondisi ini membuat masyarakat Gianyar lebih realistis dalam menyiapkan diri dan memilih bidang pekerjaan. Pilihan mereka cenderung bekerja di sector pariwisata, karena telah menjadi kebanggaan dan memberikan gengsi bagi mereka. Memilih peluang kerja di luar negeri  merupakan kecenderungan tenaga kerja Gianyar saat ini. Mereka telah melihat kenyataan bahwa tenaga kerja yang bekerja di luar negeri, telah banyak berubah taraf hidupnya maupun keluarganya. Mereka rata-rata memiliki rumah dan tempat pemujaan yang bagus, telah berhasil menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi serta bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dirjen Binapenta Kemenakertrans, Reyna Usman ketika membuka acara sosialisasi mengatakan, pihaknya memilih Gianyar sebagai lokasi kegiatan sosialisasi karena tenaga kerja Gianyar memiliki keunggulan komparatif dibidang pariwisata yang disebabkan oleh etos kerja pribadi orang Bali, adat dan budaya Gianyar. Dengan kegiatan sosialisasi  ini, para tenaga kerja Gianyar akan mengetahui kebijakan dan mekanisme program penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri, sehingga lebih banyak lagi tenaga kerja Gianyar yang tertarik untuk bekerja di luar negeri, dengan demikian jumlah pengangguran dapat dikurangi.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar, Drs. Gede Widarma Suharta, MM melaporkan, secara umum, keberadaan ketenagakerjaan di Gianyar tergolong cukup baik. Hal ini terlihat dari tingginya jumlah penduduk yang bekerja serta penurunan tingkat pengangguran. Data terakhir menunjukkan bahwan, jumlah penduduk yang bekerja mencapai 269.947 orang atau sebesar 98,28 persen dari jumlah angkatan kerja, dan hanya 1,72 persen lainnya yang menganggur atau 4.714 orang. Pada tahun 2014 ini, setiap bulan jumlah tenaga kerja Gianyar yang berangkat ke luar negeri rata-rata sebanyak 150 orang, dengan negara tujuan Amerika, Jepang, Eropa, Arab Saudi dan negara lainnya. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .