02 June 2016

Pelepasan Anak Didik PAUD, TK dan Kelompok Bermain se-Kecamatan Payangan

Pelepasan 680 anak didik, Kecamatan Payangan menggelar gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Gedung Serba Guna Kecamatan Payangan, Gianyar, (1/6).

Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Payangan, I Wayan Suartana mengatakan kegiatan kebyar PAUD 2016 merupakan rangkaian dari pelepasan 680 peserta didik PAUD, TK dan kelompok bermain se-Kecamatan Payangan. Pelepasan sengaja dilaksanakan bersamaan agar peserta lebih mendapatkan pengalaman serta pergaulan yang luas.  Gebyar diikuti 18 buah PAUD, 15 TK serta 10 kelompok bermain di-Kecamatan Payangan, dengan harapan para orang tua dan anak termotivasi dalam belajar maupun mendidik. Apalagi kedepan ada program wajib setahun pra-SD.

“Peserta, masyarakat dan orang tua diharapkan mampu termotivasi dengan kegiatan ini,”papar Suartana.

Gebyar ini juga bisa dipergunakan sebagai ajang motivasi masyarakat agar mengikutkan anaknya di PAUD. Keterbatasan dana dalam penyelenggaraan PAUD, ia juga memohon kepada jajaran perbekel agar menyusun kegiatan PAUD lewat APBDes.  Diketahui, hingga kini 57 orang guru TK hanya menerima honor antara Rp200.000 hingga Rp. 600.000/orang dalam sebulan. Sedangkan peserta didik baru bisa membayar iuran wajib antara Rp 50.000 per bulan, apalagi kebanyakan dari mereka merupakan keluarga kurang mampu.

“Dalam hal ini kami berterima kasih kepada Pemkab Gianyar yang telah membantu menambah honor guru PAUD sebesar Rp350.000 per bulan,” terangnya.

Kegiatan Gebyar PAUD 2016 Kecamatan Payangan dihadiri Bupati Gianyar yang diwakili Kadisdikpora Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya, Bunda PAUD Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Ketua IGTKI Gianyar, Ida Ayu Ambari, unsure Muspika Payangan, perbekel se-Kecamatan Payangan dan masyarakat. Pada akhir acara, peserta dihibur penampilan puluhan anak PAUD yang membawakan pelbagai hiburan, tari Bali hingga dolanan.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata yang diwakili Kepala Disdikpora Gianyar, I Made Suradnya mengapresiasi kegiatan tersebut. Anak-anak merupakan tunas bangsa yang harus dijaga agar menjadi kader bangsa yang baik. Kegiatan pelepasan PAUD dan TK ke tingkat SD merupakan salah satu cara sosialisasi dan menumbuhkembangkan bakat anak. Pemkab Gianyar berharap kinerja para guru TK semakin baik, dan mereka layak mendapatkan penghargaan dari pemkab.

“Kedepan anggaran untuk PAUD dan TK pasti lebih baik, apalagi SMA dan SMK akan dikelola propinsi,” imbuh Suradnya. (HumasGianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .