25 May 2015

Pelebon A.A. Sri Wirastuti Istri Pengelingsir Puri Peliatan

Ribuan warga iringi prosesi Pelebon Alm. A.A. Sri Wirastuti istri Cok Gde Putra Nindia Pengelingsir Puri Peliatan. Hal tersebut diungkapkan Cokorde Gde Putra Nindia disela-sela pelaksanaan Pelebon, di Puri Peliatan Ubud, Gianyar, (23/5).

Pegelingsir Puri Peliatan, Cok Gde Putra Nindia mengatakan Pelebon yang dilaksanakan Sabtu Paing Wuku Ukir, (23/5), melibatkan 4 banjar dan beberapa banjar disekitar, namun sejak pagi ribuan warga sudah tumpah dijalan raya mengiringi dan menyaksikan prosesi upacara. Rangkaian upacara dimulai sejak dini hari sekitar pukul 04:00 Wita dengan upacara Ngeseng, lalu dilanjutkan dengan upacara Mlaspas Bade Tumpang Sia (Sembilan) sebagai media pengusungan jenasah almahum menuju Setra (Kuburan) Dalem Puri, serta Lembu hitam sebagai media pembakaran jenasah di setra. 

Bade dan lembu diusung ratusan warga secara bergiliran dengan menempuh jarak sekitar 1,5Km menuju arah Setra (kuburan) Dalem Puri. Jalan yang dilalui prosesi iringiringan pelebon ditutup sejak pukul 10:00Wita hingga pukul 14:00 Wita, dan arus lalu lintas dialihkan ke jalan alternatif.  “Upacara puncak menuju Setra akan dilaksanakan pukul 12:00Wita, sehingga rangkaian upacara bisa selesai dalam sehari termasuk Ngasti,” terangnya.

Upacara Pelebon yang dirangkai dengan upacara Ngasti kemungkinan akan dilaksanakan sehari penuh hingga seluruh acara selesai. Diketahui, alm. merupakan sosok yang ramah dan pernah menjabat sebagai Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Gianyar masa bakti 2012-2017. Kepergian alm. Menyisakan duka yang mendalam kepada keluarga serta dua orang putri yakni, Cokorda Istri Vera Nindia Putri dan Cokorda Istri Evita Nindia Putri. “ Kami ihklaskan kepergian almarhum, semoga ini jalan yang terbaik buat almarhum, dan ucapkan terima kasih kepada warga yang turut mendoakan kepergian almarhum,” imbuhnya.

Pimpinan SKPD yang tergabung dalam banjar dinas Pemkab. Gianyar, yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra melayat ke Puri Agung Peliatan dan mengikuti seluruh rangkaian pelebon.

Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra dihadapan, manta Sekda Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Putra Nindia menyampaikan ucapan bela sungkawa dan duka cita yang mendalam atas meninggalnya istri Cok Nindia alm. A.A. Sri Wirastuti. Seluruh darma bakti semasa hidup akan dijadikan panutan dan Pemkab. Gianyar sangat menghormati segala bentuk pengabdian beliau. “Semoga amal bakti beliau diterima Tuhan sesuai karma yang dilaksanakan, kami mewakili seluruh jajaran Pemkab. Gianyar mengucapkan bela sungkawa yang mendalam dan mendoakan kepergian almarhum, dan keluarga yang ditinggalkan bisa tabah,, “ pungkas Gus Gaga. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .