18 April 2014

Pelayanan IVA Di Kelurahan Bitra, Sasar Ibu Rumah Tangga

A.A. Raka asal Kelurahan Bitera tampak menangis sesenggukan saat usai pemeriksaan IVA oleh Tim YKI Cabang Gianyar di Pustu Bitra Gianyar, (17/4). Ketakutan itu nampak jelas, saat ia diberitahu kalau menderita bengkak pada sisi lubang organ intim. Bahkan Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra pun turut menenangkan wanita paruh baya tersebut.

Setelah diberi penjelasan oleh dr. Menon Partini , kalau penyakit tersebut tidak berbahaya dan cukup banyak diderita oleh kaum perempuan, Gung Raka baru tampak lega. Pembengkakan atau kista Bartholin adalah bengkak pada bagian luar organ initim wanita. Kelenjar ini membantu melepaskan cairan yang membantu melumasi vagina. Mereka berada di sisis lubang vagina yang kadang-kadang kelenjar terhalang lubang yang menyebabkan cairan kembali ke kelenjar. Hal ini meyebabkan pembengkakan disebut kista bartholin. Kista adalah kantung yang bersi cairan kecil yang biasanya tidak berbahaya. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan organ intim kita.

Atas kejadian ini, Ketua YKI Ny. Surya Adnyani Mahayastra tak pernah lelah mengingatkan masyarakat agar mau memanfaatkan setiap pelayanan IVA yang diadakan YKI secara gratis. “Lewat sosialisasi kita tahu apa itu kanker, dan melalui IVA kita bisa mendeteksi dini jika kita menderita suatu penyakit,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Dijelaskan lagi pelayanan IVA dan sosialisasi kanker leher rahim, adalah serangkaian menyambut HUT ke 243 Kota Gianyar dan HUT YKI ke 36 tanggal 17 April. Pelayanan IVA maupun sosialisasi sebenarnya sudah rutin dilakukan, namun menyambut HUT YKI lebih ditingkatkan. Sosialisasi terutama diarahkan pada tingkat SD, SMP dan SMA di Kabupaten Gianyar. “ Sosialisasi ke sekolah-sekolah juga untuk pembinaan PKTP,” jelas Ny. Adnyani Mahayastra lagi.

Untuk di Kelurahan Bitra animo kaum perempuan memanfaat pelayan IVA cukup tinggi, dari target 70 orang, pada pukul 09.00 Wita yang mendaftar sudah mencapai 34 orang. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .