05 August 2014

Pelatihan Kepemimpinan Bagi Perempuan

Pemimpin saat ini masih identik dengan pria. Namun, seiring perkembangan zaman, perlahan mulai ada perubahan yang menempatkan kedudukan wanita sejajar dengan lelaki. Atau istilah yang kerap disebut kesetaraan gender. Stigma tersebut membuat para wanita kini berpeluang besar mengambil alih peran yang selama ini digenggam oleh pria, salah satunya dalam hal kepemimpinan. Dengan demikian, perlu adanya pelatihan – pelatihan secara intensif terhadap para wanita,  agar kelak mereka dapat memahami secara benar posisi menjadi seorang pemimpin. Atas dasar tersebut,Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi perempuan. Pelatihan berlasung selama 2 hari dari tanggal 5-6 Juli dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, ( 5/8).

Dalam kesempatan tersebut Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengatakan rasa bangga terhadap terlaksananya pelatihan, pentingnya keseteraan gender terlebih pada negara yang mengedepankan asas demokrasi. Eksistensi perempuan baik sebagai pemimpin itu sendiri ataupun menjadi pendamping seorang pemimpin menjadi penting dalam keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin. Melalui pelatihan perempuan dapat memahami kesetaraan gender dan lebih  memahami karakter seorang pemimpin.

Ketua Panitia Pelaksana Ida Ayu Putu Sri Ambari SH, Msi dalam sambutannya mengatakan, sosok seorang ibu sebagai pemimpin organisasi dituntut memiliki kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan lebih dari anggota organisasi atau yang dipimpinnya baik dari sikap prilaku maupun dari cara berkomunikasi. Berkenaan dengan hal tersebut dalam rangka peningkatan kwalitas hidup perempuan, Ida Ayu Putu Sri Ambari juga mengungkap bahwa pelatihan untuk meningkatkan kwalitas hidup bagi Perempuan khususnya bagi ibu ibu pemimpin organisasi dan calon Pemimpin. Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan sikap dan prilaku, kemampuan mengemukaan pendapat serta melakukan komunikasi. Sebanyak 150 ibu-ibu Pengurus Organisasi Wanita tingkat kabupaten, kecamatan dan desa serta anak anak yang tergabung dalam Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar, mengikuti pelatihan kepemimpinan bagi perempuan.

Pelatihan menghadirkan 4 Narasumber diantaranya : Ida Pedanda Gde Made Gunung dengan materi Kepemimpinan Asta Berata, Ketua BKOW Propinsi Bali AA Ngurah Tini Gorda dengan materi Perempuan Pasti Bisa, Ketua Pusat Studi Wanita Unud DR. Dra Ni Luh Arjani M. Hum dengan materi Kesetaraan Gender dalam Kepemimpinan dan Ketua Yayasan Santi Sastra Denpasar, Santi Sastra dengan materi Cara berbicara di depan umum.

Salah satu Narasumber Ida Pedanda Gde Made Gunung dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa asas kepemimpinan yang harus dimiliki seorang pemimpin Hindu disebut dengan ajaran Asta Brata. Ditegaskan pula bagi para peserta “Jika ingin menjadi seorang pemimpin harus memiliki 4 pondasi dasar berdasarkan nitisastra diantaranya seorang pemimpin harus memiliki karakter Satya, Rasa Pikiran jengah (Optimis) dan seorang pemimpin harus memiliki karater malu, dengan memiliki kempat dasar tersebut niscaya bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. (Humas Gianyar/Netty).

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .