23 November 2018

Pelantikan Saka Pramuka Gianyar

Pelantikan Pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka Bakti Husada dan Pengurus Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwartir Cabang Gianyar periode 2018-2023 diselenggarakan di Aula Museum Subak Masceti, (21/11). 

Selain pelantikan juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gianyar dengan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar.

Acara kali ini dihadiri Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, Kepala BNN Kabupaten Gianyar AKBP I Made Pastika, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Dalam sambutan Ketua Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwartir Cabang Gianyar Made Arya Amitaba, Gugus Darma Pramuka merupakan suatu organisasi bagi anggota dewasa berusia diatas 25 tahun yang tidak menjabat fungsionalis organisasi dan tenaga pendidik. Tujuan utama dari Gugus Darma Pramuka ialah untuk memberikan wadah bagi anggota masyarakat yang ingin membantu mengembangkan kepramukaan bersama dengan kwartir dalam bentuk semangat pemikiran, sumbangan tenaga, material, maupun finansial.

Sambutan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar Gusti Ngurah Wijana, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidik non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan Indonesia sesuai dengan amanat Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Aktivitas kepanduan pramuka di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923, kenyataan sejarah menunjukkan bahwa pemuda Indonesia mempunyai saham besar dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan melalui berkembangnya pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia.

Gugus Darma Pramuka ini merupakan Gugus Darma pertama yang berdiri di Kwartir Daerah Bali. “Kami percaya akan semangat dan peran serta kakak-kakak para senior kami untuk menjadikan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar semakin menjadi idola bagi generasi muda di Kabupaten Gianyar” jelasnya.

Sambutan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, kegiatan kepramukaan kwartir cabang gianyar sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Kegiatan pramuka dapat menjadi warisan sosial yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang harus dikembangkan guna menjadi wadah pembinaan mental dan budi pekerti bagi kaula muda.

Saka Bakti Husada dan Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwartir Cabang Gianyar merupakan salah satu dari dua belas satuan  karya pramuka yang telah dibentuk di Bali dan satuan karya pramuka yang paling aktif dan ikut menyukseskan program pemerintah gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat. Diharapkan Darma Pramuka Tridatu Kwartir Cabang Gianyar agar berkembang dan bisa berpartisipasi di tingkat nasional maupun internasional. (Humas/aj)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .