15 May 2010

Panen Jagung Perdana di Pabean Sukawati

Petani Jagung Manis Banjar Pabean  Ketewel Sukawati  Gianyar tersenyum lega pasalnya,  tanaman  jagung manis milik petani setempat kini telah berbuah lebat, dan dilaksanakan Panen Perdana secara serentak  seluas 400 ha lebih. Kian terasa bahagia ketika panen perdana yang dilaksanakan Jumat 14/5 pagi, juga dihadiri oleh orang nomor satu di Kabupaten Gianyar, Bupati Gianyar DR. IR. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati Msi, didampingi Muspida Gianyar, juga Wabup Dewa Made Sutanaya SH. dan Kadis Pertanian Gusti Puja Wartika.

Jagung Manis yang ditanam di atas tanah seluas  400 ha lebih, disubak Pabean Ketewel Sukawati ini, merupakan maskotnya  tanaman palawija selain tembakau disubak gede Sukawati Ketewel Gianyar.

Menurut Kadis Pertanian Gianyar,  Gst Ngurah Puja Wartika mengatakan petani di Desa Ketewel terkesan rajin-rajin dan pintar mengolah lahannya dalam mengembangkan naluri bisnisnya. Sehingga dalam musim panen  tidak ada rasa penyesalan petani, terkait pilihanan pola tamamnya, tanaman palawija maupun  tanaman  lainnya. Lebih jauh Puja Wartika menuturkan dipilihnya tanaman jagung manis karena  cara tamam dan perawatannya jauh lebih mudah disamping memiliki nilai produksi yang sangat tinggi. ”Jagung manis sejak ditebar usianya tidak terlalu lama. Dengan waktu 65 hari petani sudah dapat memetik hasilnya. Dibandingkan dengan tanaman   padi  dalam hitungan are hasil jagung manis lebih tinggi, rata-rata per arenya menghasilkan Rp. 250.000. sedangkan Padi per arenya Rp. 200.000,“ jelas Puja Wartika.

Bupati Gianyar DR. IR. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati. Msi, usai memetik  jagung manis didampingi Muspida dan Wabup Dewa Made Sutanaya  mengatakan salut dan bangga dengan hasil jagung manis yang ditaman petani Pabean Ketewel. Apalagi pemasaran jagung manis saat ini tidaklah sulit. ”Penghasilan jagung manis baik, buahnya lebat  harganyapun menggembirakan, ini merupakan karunia yang patut disyukhuri. Mengingat belajar dari pengalaman, sering menghasilkan panen  yang baik dan memuaskan  dikendalai oleh pasar yang murah. Untuk itu  kedepan kita mesti terus berusaha dan jangan  takut sebelum mencoba, terlebih kita telah memiliki Gapotan yang menghasilkan informasi yang  baik bagi petani kita.” wejang Bupati.

Di penghujung panen Perbekel Ketewel I Made Janji, mempersilahkan  Bupati Gianyar beserta rombongan untuk  berteduh di tepi Pantai Pabean, sembari membakar jagung manis hasil panen perdana itu.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .