29 March 2016

Panen Bersama di Banjar Tengkulak, Desa Kemenuh

Dalam rangka menjaga ketahanan pangan Polres Gianyar bekerjasama dengan Pemkab. Gianyar, 18 Desember 2015 lalu melaksanakan penanaman padi varietas unggul sidenuk dengan system IPAT – BO di 1,7 Hektar areal persawahan kawasan Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati. Penanaman padi varietas unggul sidenuk itu kini telah memasuki masa panen. Panen bersama dilaksanakan oleh Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata, Kapolres Gianyar, AKBP Farman SiK.,SH.,MH, Dandim 1616 Gianyar, Let Kol Kav Berto SP Capah, SIP serta unsur terkait lainnya, (28/3).

Bendesa Adat Tengkulak Tengah, I Nyoman Suweta mengatakan, penanaman padi varietas unggul sidenuk dengan sistem IPAT-BO merupakan terobosan yang luas biasa. Dengan system tanam ini, hasil panen yang didapat dua kali lipat dari hasil panen padi jenis sigelis yang ditanam sebelumnya. Dengan jangka waktu tanam 3 bulan 11 hari, panen padi varietas unggul sidenuk dengan system IPAT – BO mencapai 8,96 ton/HA mengalami peningkatan produksi dari sebelumnya berkisaran 6 s/d 7 ton/HA. Kedepannya diharapkan selain pengembangan program tersebut, agar para petani juga dibantu dipermudah dalam mendapatkan bibit serta pupuk sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Saya harap program ini dikembangkan lagi, sehingga nantinya para petani di Gianyar dapat hidup layak. Program ini sudah ditunggu – tunggu oleh petani kami yang lain,” tegas Nyoman Suweta.

Bupati Gianyar, A. A. Gde Agung Bharata mengaku sangat bangga dengan hasil panen yang didapat oleh petani. Kegiatan ini merupakan kegiatan positif bentuk kepedulian berbagai kalangan terhadap sector pertanian. Keterlibatan unsur kepolisian dan TNI sangat membantu peningkatan produksi pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Dengan meningkatnya hasil produksi, selain berpengaruh pada peningkatan pendapatan para petani juga salah satu upaya mendukung pendapatan daerah dari sector pertanian. Dengan semakin sejahteranya para petani di Gianyar, juga akan mampu menekan alih fungsi lahan.

“Dengan mendapatkan hasil yang maksimal, kesejahteraan petani pasti meningkat. Program ini sangat bermanfaat bagi petani,” terang Agung Bharata.

Agung Bharata menambahkan, Pemkab. Gianyar akan selalu berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .