22 December 2011

PAD Melebihi Target, Pemerintah Gianyar Beri Penghargaan

PAD Kabupaten Gianyar tahun 2011 mengalami peningkatan dan melebihi target yang ditentukan yakni Rp.185.053.428.837,15,- dari target yang ditentukan sebesar Rp. 175.273.315.689,94,-. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Gianyar memberikan apresiasi berupa penghargan bagi para wajib pajak, petugas pendata dan penagih serta kepala pasar. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (22/12).

Kepala Dinas Pandapatan Daerah, Putu Hermalini menjelaskan Pemberian penghargaan sebagai ucapan terimakasih kepada para wajib pajak yang telah melaksanakan kewajibannya dengan baik serta kepada para petugas pungut dan kepala pasar yang telah bekerja keras dalam melaksanakan tugas untuk merealisasikan target PAD yang ditetapkan. Kriteria penilaian yaitu untuk wajib pajak yakni ketepatan/ketaatan/ketertiban wajib pajak memenuhi kewajibannya serta besarnya kewajiban yang disetor atas pajak yang ditagih, untuk petugas penagih dan pendata lebih ditekankan pada besarnya realisasi penerimaan pajak yang menjadi tanggungjawabnya serta untuk kepala pasar adalah ketertiban/keamanan/kenyamanan/kebersihan dan administasi pasar serta target retribusi pasar.

Ditambahkan Penghargaan diberikan kepada 10 hotel berbintang, 10 hotel melati, 10 pondok wisata, 10 restaurant, 10 tempat hiburan, 8 petugas pendata/penagih dan 6 kepala pasar.

Bupati Gianyar dalam sambutannya menjelaskan bahwa PAD Kabupaten Gianyar tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dari tahun 2007/2008 sebesar Rp. 75.129.603.729,09,- hingga tahun 2011 per 9 Desember 2011 sebesar Rp. 185.053.428.837,15,-. Peningkatan tersebut sebagian besar berasal dari Pajak Hotel dan Restaurant. Hal ini  karena meningkatnya kesadaran para objek pajak terutama pengusaha hotel dan restaurant untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak guna pembangunan Kabupaten Gianyar. Untuk itu pemerintah selalu berupaya secara bertahap meningkatkan fasilitas yang diperlukan demi kelancaran para pengusaha untuk menjalankan usahanya.

Lebih lanjut menurut Bupati Gianyar, meskipun PAD Kabupaten Gianyar terus mengalami peningkatan, namun PAD hanya mampu menutupi APBD Kabupaten Gianyar sebesar kurang lebih 20 %, sisanya yang kurang lebih 80 % merupakan dana dari pusat. Oleh karena itu Bupati berharap kedepannya PAD terus dapat ditingkatkan dengan melakukan inovasi dan mencari objek pajak lainnya selain hotel dan restauran. Dirinya juga yakin jika pendataan jumlah hotel dan restaurant di Gianyar dilakukan dengan sangat akurat dan kesadaran dari para objek pajak yang belum terdaftar meningkat maka dipastikan PAD Kabupaten Gianyar akan mengalami peningkatan.

Diharapkan kepada para petugas pajak untuk profesional dan jujur dan inovatif dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, sehingga target dapat terus tercapai bahkan lebih.

Daftar Penerima penghargaan :

Nominasi hotel berbintang dari peringkat 1 hingga 10, yakni: hotel four seasion, hotel hanging garden, Hotel Alila, Hotel Maya Resort, Comoshambhala/Begawan giri, Hotel Amandari, Hotel Puri Kamandalu, Hotel Kupu-kupu Barong, Hotel Villa Kayu Manis dan Hotel Uma.

Nominasi Hotel Melati dari peringkat 1 hingga 10, yakni Tanah Gajah Rajasa (The Chedi Club), PT. Taman Safari Indonesia III, Royal Pitamaha, Hotel Ibah, Hotel Bagus Jati, Hotel Tjampuhan, Hotel Pitamaha, PT. De Purist Bali, Honey Moon dan Hotel Tegal Sari

Nominasi Pondok Wisata dari peringkat 1 hingga 10, yakni: PT. Nandini Bali, Hide Way (Swasti ACC), Ubud Bungalow, GAjah Biru, Alam Indah, Warsa Bungalow, Pandawa’s Villas, Okawati Sunset, Ti House Kelod dan Villa Indah.

Nominasi Restoran dari peringkat 1 hingga 10, yakni: Restaurant PT. Taman Safari, Restaurant Lotus, Restaurant Mozaik, Warung Nuris, restaurant The Chedi Club (Tanah Gajah), Restaurant Tropical, restaurant Casa Luna, Restaurant Coco Bistro, restaurant Indus dan Restaurant Maya.

Nominasi Hiburan dari peringkat 1 hingga 10, yakni: PT. taman Safari Indonesia, PT. Wisata Reksa Gajah Perdana, Taman Burung, Bali Zoo, Kirana Spa, Theatre Bali Agung, uma Spa, PT. Bali Adventure Rafting, Wisata Wenara Wana dan CV. Bali Ratu Relaxion & Spa.

Ketua wilayah dan staf petugas pendata dan penagih pajak yang menerima penghargaan yakni; Dewa Putu Mudana, Dewa Ketut Raka, Ida Bagus Ananta Kusuma, Ida Bagus Gaga Putra, I Wayan Musna, I Made Wirawan, Anak Agung Gde Agung dan Dewa Putu Suarnama.

Pemenang juara lomba dalam rangka pembinaan dan penilaian pasar se-Kabupaten Gianyar dari peringkat 1 hingga 6, yakni; Pasar Umum Tegallalang, Pasar Umum Ubud, Pasar Umum Tampaksiring, Pasar Umum Payangan, Pasar Seni Sukawati dan Pasar Umum Blahbatuh.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .