26 March 2014

Optimalkan Program Kependudukan dan KB, BPPKB Gianyar Gelar Rakerda

Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (PKKB) menjadi salah satu prioritas kerja di Pemerintah Kabupaten Gianyar, karena berdasarkan laporan tahun 2013, PKKB Kabupaten Gianyar menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan, salah satunya tercermin dari KKP Peserta KB baru, yang ditargetkan Provinsi Bali sebanyak 7.415 akseptor, secara kumulatif tercapai sebanyak 7.888 akseptor atau sebesar 106,38 persen. Maka dengan pencapaian tersebut, pada rencana rancangan anggaran Tahun 2015, segala fasilitas, sarana dan pra sarana akan ditingkatkan untuk semakin memaksimalkan Program Kependudukan dan KB.

Hal tersebut terungkap dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kabupaten Gianyar Tahun 2014 bertempat di Ruang Sidang I Bupati Gianyar, (26/3). Rakerda dipimpin oleh Asisten I Kabupaten Gianyar, Cok Rai Widiarsa didampingi oleh Asisten II, I Ketut Suweta. Peserta yang mengikuti Rakerda sebanyak 184 orang terdiri dari jajaran Muspida, serta Dinas – dinas dan Instansi terkait. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB (BPPKB) Kabupaten Gianyar , Ida Ayu Sri Ambari Gaga menyampaikan tujuan Rakerda ini yakni demi terwujudnya komitmen kebijakan, strategi, dan langkah operasional untuk memenuhi sasaran Komitmen Kinerja Program (KKP) tahun 2014 yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Bali, menuju pencapaian RPJM (2010-2014), mempercepat MDGs Tahun 2015, sekaligus untuk evaluasi tingkat keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program Kependudukan dan KB di Kabupaten Gianyar.

Dalam sambutannya, Cok Rai mengaku sangat mengapresiasi dan bangga atas segala pencapaian program KKB Kabupaten Gianyar sejauh ini, pun tidak lupa mengingatkan agar para pelaksana program terlecut untuk semakin meningkatkan kinerja. “Ke depannya, saya harap kita semua secara instensif menggalakkan dan menggaungkan kembali pelaksanaan Program Kependudukan dan KB. Marilah kita sosialisasikan Program Genre (Generasi Berencana) utamanya kepada generasi muda agar tidak cepat – cepat kawin dan tidak berperilaku menyimpang.”tegas Cok Rai.

Perwakilan BKKBN (Badan KKB Nasional) Provinsi Bali, Gusti Ngurah Dharmawijaya menyampaikan rasa kagumnya atas prestasi yang telah dicapai PKKB Kabupaten Gianyar. “Yang sangat membanggakan adalah prestasi yang diraih Kabupaten Gianyar untuk mengharumkan nama Provinsi Bali dalam kegiatan Lomba Program KKBPK tingkat nasional Tahun 2013, dimana Kader BKB Kumara Jaya Gianyar, Anak Agung Rai Sapta Dewi meraih Juara I Tingkat Nasional serta raihan atas beberapa prestasi – prestasi lain yang tidak kalah menggembirakan.”ujarnya.

“Jika dilihat dari permasalahan Kabupaten Gianyar dalam menghadapi permasalahan Kependudukan dan KB, maka besar harapan kami bahwa kelembagaan yang sudah ada sekarang ini agar lebih ditingkatkan lagi, yaitu dengan adanya Bidang Pengendalian Penduduk, Sehingga upaya pengendalian penduduk terutama karena migrasi masuk yang tinggi bisa lebih terfokus. Saya juga berharap rumusan – rumusan yang akan dihasilkan dalam Rakerda hari ini, dapat mengarah kepada upaya revitalisasi Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga di Kabupaten Gianyar.” Tutupnya. (Humas Gianyar/ARI)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .