09 June 2015

Optimalkan Linmas Desa, Pemkab. Gianyar Gelar Bintek

Susksesnya pemerintahan desa dalam berbagai pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tersedia, hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kabupaten Gianyar, I Ketut Artawa, dalam sambutannya saat acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bintek) Anggota Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satgas Linmas) Desa/Kelurahan se-Kabupaten Gianyar, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sukawati, Gianyar, (9/6).

Pelatihan yang diikuti ratusan anggota Satgas Linmas desa/kelurahan se-Kabupaten Gianyar akan dilaksanakan selama tiga hari hingga (11/6) mendatang. Pelaksanaan Bintek ini diharapkan peserta bisa memahami tugas dan tanggung jawab sebagai Satgas Linmas di wilayahnya. Memberikan perlindungan dan kenyamanan ke masyarakat merupakan salah satu tugas dari Satgas Linmas. “Bintek akan diisi 4 narasumber asal 4 instansi, yakni, Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Gianyar, Kepala BPPD Kabupaten Gianyar, Polres Gianyar dan Kodim 1616 Gianyar. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta Bintek diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Satgas Linmas Desa,” imbuh I Ketut Artawa.

Bintek yang dibuka Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Cok Rai Widiarsa Pemayun, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan motivasi Satgas Linmas Desa dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat di wilayahnya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga setiap Satgas Linmas bisa menjalankan tugas dan memberikan perlindungan ke masyaraklat dari bencana alam maupun akibat ulah manusia.

Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa Pemayun sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Gianyar. Kedepan dengan diselenggarakannya pelatihan ini, para pemangku kepentingan di tingkat bawah desa bisa bersinergis dengan pemangku di tingkat kabupaten, sehingga bisa membentuk pemerintahan yang serasi dan selaras. Diakui, informasi yang berkembang selama ini selalu diterima dan diketahui lewat media masa. Sehingga pelatihan ini juga diharapkan bisa meningkatkan tingkat koordinasi dan komunikasi semua kalangan. “Kedepan informasi di masyarakat bisa lebih dahulu dikomunikasikan dengan kabupaten, apalagi sekerang sudah ada program SiDeKa, Sistem Informasi Kawasan khususnya perdesaan ini diharapkan bisa dijadikan corong jalannya pemerintahan di tingkat desa,”imbuh Cok Rai.

Bintek yang dihadiri para Satgas Linmas tingkat desa/kelurahan dan jajaran pejabat tingkat kabupaten, diharapkan meningkatkan peran dan topoksi masing-masing kelembagaan di desa dan kabupaten. Kedepan tugas dan peranan aparat desa dalam mengisi berbagai pembangunan sangat vital, sehingga perlu dilaksanakan pelatihan guna meningkatkan SDM tingkat desa. Sehingga aparat tingkat desa/kelurahan benar-benar matang dan siap menjalankan berbagai peraturan dan kebijakan yang berlaku. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .