22 September 2014

Optimalkan Kinerja Posyandu, Peran Pokja Desa dan Pokjanal Kecamatan Perlu Ditingkatkan

Untuk mendukung dan mengoptimalkan kegiatan Posyandu sebagai wadah layanan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak, peran Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu Desa atau Kelurahan mesti ditingkatkan untuk memfasilitasi, membina, memantau dan mengevaluasi setiap kegiatan Posyandu. Peranannya diharapkan menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan balita, anak-anak dan masyarakat. 

Hal ini diungkapkan Asisten Administrasi Umum Kabupaten Gianyar I Wayan Sudamia, saat membuka Rapat Koordinasi Daerah Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu Desa/Kelurahan di wantilan Pura Samuan Tiga Desa Bedulu, (22/9).

Dikatakan, pemberdayaan Posyandu memang menjadi salah satu program prioritas Pemkab Gianyar sebagai upaya mengatasai dan mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

“Kesehatan sangat mempengaruhi kualitas hidup sumber daya manusia. Posyandu menjadi salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama-sama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan,” terangnya.

Ir. A.A. Istri Meini, M.Si dari BPMPD Propinsi Bali, yang menjadi narasumber dalam Rakorda yang dihadiri seluruh kader posyandu se-Kabupaten Gianyar menyampaikan, posyandu merupakan garda terdepan deteksi dini dibidang kesehatan dan kesejahteraan yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu kemampuan kader perlu ditingkatkan untuk pemberdayaan posyandu dalam upaya kesehatan berbasis masyarakat. Untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja posyandu, hal yang harus dilakukan adalah memberdayakan peran Pokja Desa dan Pokjanal kecamatan untuk saling koordinasi, membina, memantau dan mengevaluasi kegiatan Posyandu.

“Ke depan diharapkan mempunyai peran yang sangat besar terhadap penurunan angka kematian bayi, Balita dan ibu hamil,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, A.A. Istri Meini dari BPMPD Propinsi Bali bersama A.A. Sri Laksmi Paramita Dewi dari Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak BPPKB Kabupaten Gianyar menyampaikan sejumlah materi kepada peserta Rakorda, seputar peran, fungsi dan tugas Pokjanal dan Pokja Posyandu serta kebijakan pengembangan Kabupaten Layak Anak di desa atau kelurahan.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Gianyar I Made Watha mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Rakorda untuk lebih memperkuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya peranan Posyandu dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan, balita, anak-anak dan masyarakat. Selain itu meningkatkan kesadaran dari para steak holder dan pemuka masyarakat serta Tim Pokjanal Kecamatan dan Tim Pokja Desa dalam melaksanakan peranannya di masing-masing desa/kelurahan dan kecamatan

“Rakorda pertama kali ini juga sebagai bentuk dukungan Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA),” imbuhnya. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .