14 July 2014

Oktober Mendatang, Pemuda Siap Gebrak Gianyar

Berbagai gebrakan dan inovasi baru terus dimunculkan Pemkab. Gianyar. Setelah beberapa waktu lalu sukses memecahkan rekor Muri dengan lilit sate terbanyak dan terpanjang di Indonesia, kini terobosan barupun mulai dirancang. Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Oktober mendatang akan diselenggarakan Bulan Bhakti Pemuda yang melibatkan seluruh komponen kepemudaan se-Kab. Gianyar. Demikian terungkap saat rapat persiapaan kegiatan Bulan Bhakti Pemuda yang dipimpin oleh Asisten 1 Setda Kab. Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (13/7).

Cok Gde Rai Widiarsa menambahkan, kegiatan Bulan Bhakti Pemuda ini merupakan upaya membangkitkan lagi peran serta pemuda dalam pembangunan seperti semangat yang terkandung dalam Sumpah Pemuda. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan 43 SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar dengan tema “Gianyar Kreatif dalam Seni, Inovatif dalam Teknologi”. Dalam pelaksanaan kegiatan nanti akan dirancang oleh siswa sekolah masing – masing. Masing – masing sekolah, melalui siswanya diharapkan mampu menampilkan potensi dan keunggulan sekolahnya masing – masing sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

“Dengan begitu masyakat luas akan menjadi tahu potensi dan keunggulan masing – masing sekolah, sehingga terdapat pemerataan terhadap sekolah yang ada di seluruh Kab. Gianyar,” terang Cok Gde Widiarsa. 

Ketua Tim Kreatif Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, kegiatan Bulan Bhakti Pemuda nanti konsepnya dari siswa, oleh siwa dan untuk siswa. Pemkab. Gianyar melalui Tim Kreatif hanya sebagai fasilitaor dalam kegiatan itu. Setiap siswa perwakilan dari masing – masing sekolah dituntut untuk menampilkan kreatifitas dan inovasi yang nanti menjadi keunggulan bagi sekolahnya. Terdapat empat point yang menjadi acuan dalam kegiatan bulan Bhakti Pemuda teresebut, yakni edukasi, kompetisi, eksebisi dan sosial.

“Mereka bebas berkreatifitas dan berinovasi tetapi tidak keluar dari empat point tersebut,” terang Kujus Pawitra.

Bidang edukasi misalnya, akan diselenggarakan English Debat Contest serta bebargai inovasi di bidang teknologi seperti Lomba Membuat Web Desain. Selain itu, juga akan dimeriahkan dengan parade bale ganjur, parade band dan cheerleader dan kegiatan lainnya. Bidang Sosial, akan dilaksanakan kegiatan donor darah yang memanfaatkan kegiatan CFD, kunjungan ke panti sosial serta pembersihan pasar tradisional secara serentak di seluruh Kabupaten Gianyar.

Kujus menambahkan, seluruh peserta nantinya akan terbagi menjadi beberapa stand. Dalam setiap stand akan terdapat beberapa perwakilan sekolah yang tergabung menjadi satu dengan dipilih secara acak. Sehingga dalam kegiatan nanti tidak hanya kreatifitas dan inovasi peserta yang akan dinilai tetapi juga kebersamaan serta kekompakan dalam mengelola stand meski berasal dari beda sekolah.

Sedang, di malam puncaknya akan dilaksanakan Car Free Night (CFN) dengan mendatangkan bintang tamu Kiss Band. Kegiatan CFN juga akan diisi oleh pemenang masing – masing perlombaan yang diakhiri dengan renungan 1000 lilin pemuda. (Humas Gianyar/Set)

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .