11 November 2014

Nilai Kepahlawanan Sebagai Kekuatan Moral

Nilai - nilai kepahlawanan yang ditunjukkan para pahlawan hendaknya mampu menjadi isnpirasi bagi generasi penerus sebagai panutan maupun figure idola dalam pencarian jati diri. Demikian ditegaskan Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra saat menjadi instruktur pada Apel Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Astina, (10/11).

Wabup Mahayastra yang membacakan amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan NKRI diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi Negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini tanpa perjuangan para pendiri bangsa, pejuang dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran dan hartanya.

Perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan dan militansi, sementara sikap kesetiaakawanan social adalah perwujudan dari kepekaan social atau batin.

“Sikap kepahlawanan dan kesetiakawanan social hendaknya tidak hanya sekedar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang Mahayastra.

Sementara salah satu pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Gianyar, I Made Suta dihubungi terpisah mengatakan, momentum Hari Pahlawan hendaknya mengingatkan kembali generasi  muda agar nilai-nilai perjuangan yang telah dibangun tidak dilupakan. Semangat perjuangan hendaknya dihayati untuk mengisi kemerdekaan sekaligus momentum meningkatkan kesejahteraan bangsa, guna memerangi kemiskinan, kekerasan, serta  meningkatkan prestasi olahraga, seni budaya yang menuntut semangat kepahlawanan.

Ditambahkan Made Suta, saat ini di Kabupaten Gianyar masih ada sekitar 94 orang veteran yang masih hidup dari jumlah awal sekitar 600 orang. Rata – rata usia dari veteran tersebut kisaran 80 s/d 100 tahun. Veteran yang usianya kini sudah 100 tahun dan merupakan veteran tertua di Kabupaten Gianyar adalah I Etang, asal Banjar Biye, Keramas.

Apel peringatan Hari Pahlawan yang bertema “Pahlawanku Idolaku” dihadiri seluruh SKPD di lingkungan Pemkab. Gianyar,  DPRD, TNI/Polri, veteran, organisasi pemuda, dan pelajar. Usai apel peringatan, dilaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kertha Kertya  Mandala, Gianyar. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .