01 May 2017

Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi dan Putu Dipta Priyatna Jegeg Bagus Gianyar 2017

Setelah melewati pelbagai seleksi, Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi (17) dan Putu Dipta Priyatna (20), terpilih menjadi Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2017. Hal tersebut terungkap saat acara Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar di panggung terbuka Balai Budaya Gianyar, (29/4).

Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar 2017 yang bertema Dika Bhawana Duta Pusaka tersebut dihadiri, Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, jajaran pejabat di lingkungan OPD Kabupeten Gianyar, undangan, para suporter dari masing-masing finalis serta masyarakat Gianyar. Acara yang dibuka Bupati Agung Bharata diisi pelbagai hiburan dikemas spektakuler alumni Jegeg Bagus Gianyar yang tergabung dalam Semeton Jegeg Bagus Gianyar (Sejebag). 

Terpilihnya Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi dan Putu Dipta Priyatna menjadi Jegeg dan Bagus Gianyar 2017 setelah dinilai dan diputuskan sembilan orang dewan juri yang terdiri dari Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati selaku praktisi pariwisata, I Nyoman Darma Putra selaku akademisi budaya, I Wayan Merta selaku akademisi pariwisata, Tjok Abinanda Sukawati selaku perancang busana, Bintang Mira Afriningrum selaku perancang busana, Ni Kadek Winnie Kaori Intan Mahkota selaku pengusaha, Kadek Ridoi Rahayu Jegeg Gianyar 2009, Komang Rahayu Indrawati selaku psikolog dan Ni Nyoman Ayu Andriani Juri etika/prilaku.

“Pada awal seleksi hingga acara Grand Final, kedua finalis ini memang mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri, mereka juga mampu menyisihkan 10 pasang finalis yang memiliki kemampuan yang baik,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A. Ari Brahmanta.

Acara Grand Final merupakan tahapan akhir seleksi Jegeg Bagus Gianyar 2017 dan memilih dua orang, seorang perempuan sebagai Jegeg dan seorang lelaki sebagai Bagus. Pasangan yang lolos telah mengikuti tiga kali sekelsi, seleksi pertama memilih 30 pasang, seleksi kedua memilih 20 pasang dan seleksi selanjutnya memilih 10 pasang finalis. Selanjutnya yang lolos sepuluh besar juga telah mengikuti pelbagai pembekalan, seperti koreografi serta materi dan telah melalui proses penjurian (27/4).

“Kami ucapkan terimakasih ke Bupati Gianyar, Wakil Bupati Gianyar, DPRD Gianyar, sponsor, pembina, narasumber, dewan juri serta masyarakat Gianyar yang telah membantu kegiatan ini,”imbuhnya. 

Lebih lanjut, A.A. Ari Brahmanta mengatakan pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Gianyar merupakan media meningkatkan peran generasi muda dalam membangun Gianyar. Acara pemilihan Jegeg Bagus Gianyar sebagai upaya yang bisa dijadikan media kreatifitas serta semangat generasi muda agar lebih profesional. Tema tersebut merupakan usaha membangkitkan kejayaan Gianyar sebagai Kota Pusaka, yakni mampu melestarikan budaya hingga kini. Sehingga ajang ini mampu memberi kontribusi terhadap perkembangan pariwisata di Ganyar.

Senada yang diungkapkan Bagus Gianyar, Putu Dipta Priyatna asal Padang Tegal, Ubud kalau dirinya sangat bersyukur bisa terpilih menjadi Bagus Gianyar 2017. Kedepan ia ingin memajukan pariwisata Gianyar agar bisa bermamfaat bagi warga Gianyar. Jegeg Gianyar 2017, Ni Kadek Sukma Apti Pertiwi juga bangga sekaligus senang bisa terpilih dan ia akan berusaha menjadi yang terbaik dalam ajang serupa di Propinsi Bali.

“Saya akan berbuat maksimal untuk Gianyar kedepan,”ungkap Jegeg asal Tegallalang tersebut.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bupati Agung Bharata berharap kegiatan ini bisa dijadikan media yang mampu melahirkan generasi muda yang mampu monsosialisasikan potensi pariwisata Gianyar di kancah dunia. Apalagi kegiatan ini juga dihadiri Mojang Jejaka Kota Bandung, dan Dimas Diajeng Kota Sleman, Cak Ning Kota Surabaya, Jegeg Bagus se-Bali serta duta pariwisata dari kegiatan lain. Hal itu seharusnya mampu dijadikan momentum mengenalkan Gianyar. Pembangunan Gianyar bukan hanya fisik semata, namun juga membangun sumber daya manusia, sehingga bisa bersaing di era global.

“Saya ucapkan selamat ke para pemenang dan ingatlah juara bukan tujuan, namun media ini bisa dijadikan ajang dalam membangun Gianyar di berbagai bidang,” ucap Agung Bharata. (HumasGianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .