16 November 2015

Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai

Napak Tilas perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai berlanjut dengan kedatangan Panji – Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Gianyar. serah terima Pataka Panji – Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Badung kepada Kabupaten Gianyar dilaksanakan di Lapangan Astina, Gianyar, (13/11).

Upacara serah terima Pataka Panji – Panji dan Surat Sakti dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra. Upacara diawali dengan pembacaan Surat Kapten J.B.T. Konig kepada Pemimpin Dewan Perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat balasan dari I Gusti Ngurah Rai kepada J.B.T Konig. Upacara dilanjutkan dengan penandatangan berita acara serah terima Pataka Panji – Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai oleh Wakil Bupati Gianyar. Sebelum diarak, Pataka Panji – Panji dan Surat Sakti disemayamkan di Balai Budaya Gianyar dan kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar sebagai Ketua Panitia Kegiatan dalam laporan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, I Wayan Sama mengatakan, penyelenggaraan sarasehan dan safari Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dimaksudkan untuk mewariskan nilai – nilai kepahlawanan para Kusuma Bangsa kepada generasi penerus bangsa. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun Puputan Margarana ke – 69 dan memperingati Hari Pahlawan ke - 70.

Ditambahkan, peserta Napak Tilas tersebut melibatkan kurang lebih 900 orang yang terdiri dari unsur Pengurus Daerah Patriot Panca Marga, Pengurus Daerah Pemuda Panca Marga (PPM) Bali, Dewan Pertimbangan PPM Bali, Panitia Safari Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, PPM Gianyar, generasi muda serta para siswa di Kabupaten Gianyar. sedangkan, kegiatan sarasehan diikuti oleh lebih kurang 150 orang yang terdiri dari keluarga pahlawan serta siswa – siswi SMA/SMK di Kabupaten Gianyar. Narasumber dalam kegiatan sarasehan tersebut yakni, Dr. Drs. Anak Agung Gede Rai, M.Si dari Pemuda Panca Marga Provinsi Bali dengan materi Pelestarian Nilai – Nilai Kepahlawanan, serta dari Dandim 1616 Gianyar, Berto SP Capah dengan materi Kepahlawanan Terkait Dengan NKRI.

Seusai pelaksanaan kegiatan sarasehan, dilanjutkan pengarakan Panji – Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai mengelilingi Kabupaten Gianyar. Rute yang ditempuh yakni, dari Balai Budaya Gianyar menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kerta Kirttya Mandala, selanjutnya menuju Bona  - Blega – Blahbatuh – Tegenungan, Kemenuh – Pura Dalem Sukawati – Guwang – Celuk – Batubulan – Kutri, Singapadu – Silakarang – Kengetan – Belang – Tunon, Singakerta – Buduk, Sayan – Kedewatan – Payangan – Kelusa – Keliki – Tegallalang – Gentong – Petulu – Andong – Pura Dalem Puri Peliatan – Pejeng dan selanjutnya disemayamkan di Puri Peliatan Ubud. Keesokan harinya, tanggal 14 November 2015, Panji – Panji dan Surat Sakti dibawa menuju Kabupaten Bangli untuk diserahkan.

Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpollinmas Kabupaten Gianyar, I Ketut Artawa mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini karena memiliki arti penting dan strategis guna menggelorakan dan meneladani semangat heorik dan pantang menyerah dari Pahlawan I Gusti Ngurah Rai beserta segenap laskarnya. Sejalan dengan tema “Melalui Napak Tilas Jejak Perjuangan I Gusti Ngurah Rai Kita Wujudkan Nasionalisme Bela Negara dan Cinta Tanah Air”, diharapkan dapat diimplementasikan sesuai dengan kemampuan dan swadharma masing – masing,

“Pelaksanaan Napak Tilas dengan mengikuti jejak perjalanan panjang Resimen Ngurah Rai di Daerah Bali, dapat menjadi wahana dalam menghayati nilai Juang 1945 serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta menggalang solidaritas diantara generasi muda,” terang Artawa.

Kegiatan sarasehan serta Napak Tilas tersebut juga diisi dengan penyerahan bingkisan kepada 42 keluarga Pahlawan sebagai tanda bakti, rasa terima kasih dan rasa hormat kepada pahlawan atas pengabdian dan pengorbanan terhadap Bangsa dan Negara. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .