06 December 2010

Nangluk di Pantai Lebih

Ribuan Umat berduyun-duyun datang ke Pantai Lebih untuk mengikuti prosesi Upacara Nangluk Merana. Upacara yang bermakna memohon kesejahteraan dunia rutin dilaksanakan setiap akhir tahun, dan kali ini digelar pada Minggu 5 Desember 2010 di Pantai Lebih.

Kian khusuk ketika prosesi tersebut dihadiri, Bupati Gianyar Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati  bersama Wabup Dewa Made Sutanaya, SH.  dan Sekda Gianyar Cokorda Gde Putra Nindia SH.MH. serta Pejabat dilingkungan SKPD dan seluruh pegawai dan masyarakat Kabupaten Gianyar.

Tahapan demi tahapan upacara berlangsung tak terlepas dari makna, hingga di puncak upacara Bupati Cok Ace naik ke panggung “Pedanan” setinggi 8 meter, untuk melakukan prosesi “pedanan” itu, yang maknanya mensyukuri atas karunia yang dilimpahkan oleh Ida Shang Hyang Widi, kepada dunia beserta isinya.              Semenatara Itu Wabup Gianyar Dewa Made Sutanaya SH. Bersama Sekda Gianyar Cokorda Gde Putra Nindia SH.MH. menaiki Jukung (perahu tradisional) ketengah laut untuk melaksanakan ritual “mapekelem,” yang bermakna pengorbanan.

Demikian pelaksanaan Nangluk Merana yang telah menjadi kewajiban rutin tahunan, yang telah dilaksanakan sejak ratusan tahun lalu, berjalan penuh keikhlasan dan mampu mempertajam makna kekhusukan. Semoga bermakna pula bagi keselamatan dan kesejahteraan dunia.(iba)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .