24 March 2015

Musrenbangda Gianyar Tetapkan 857 Kegiatan

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata membuka forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2015 dengan tema “Memantapkan pelayanan publik dengan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui sinergi perencanaan pembangunan pusat dan daerah menuju Gianyar Bagus” di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar, (24/3).

Kepala Bappeda Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan forum Musrenbangda RKPD merupakan penyelarasan perencanaan pembangunan yang dilaksanakan masyarakat dan pembangunan yang direncanakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pelaksanaan Musrenbangda selalu disempurnakan setiap tahun mulai dari daerah hingga tingkat pusat, sehingga perencanaan yang dilaksanakan dari Musrenbangdes, Musrenbangcam dengan Renja SKPD bisa sinergi dan diakomodir dalam Musrenbangda RKPD Kabupaten, sehingga indikator pencapaian kinerja bisa dipertajam.

“Pola ini merupakan pola partisipatif yang memadukan proses perencanaan yang dilakukan masyarakat dengan pemkab di masing-masing SKPD”, terang Wisnu Wijaya.

Kegiatan yang direncanakan tahun 2016 sebanyak 867 kegiatan dengan nilai usulan Rp 561,949 milyar. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 bidang, yaitu 200 kegiatan dibidang aparatur dan pemerintahan dengan plafon usulan Rp 63,935 milyar. Bidang ekonomi terdapat 200 kegiatan dengan plafon Rp 70,396 milyar. Bidang Infrastruktur 133 kegiatan dengan plafon Rp 245,945 milyar. Sedangkan bidang kesejahtraan masyarakat dengan plafon 181,674 milyar akan direncanakan untuk 324 kegiatan.

Kegiatan yang direncanakan tidak semuanya bisa terdanai tergantung dengan besaran dan pagu dalam APBD, namun tidak menutup kemungkinan kegiatan yang tidak didanai APBD bisa didanai melalui APBD Provinsi dan APBN.

Lebih lanjut, Made Gede Wisnu Wijaya menjelaskan forum RKPD diharapkan bisa menghasilkan keputusan yang akan dipakai sebagai acuan dalam menyususun kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara 2016. Sehingga APBD 2016 bisa disiapkan sejak dini demi kesejahteraan masyarakat.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata mengatakan sistem perencanaan pembangunan yang dilaksanakan Kabupaten Gianyar mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Sehingga terjadi keselarasan antara RPJMDes, RPJMD, RPJMN serta Nawa Cita pembangunan Nasional bisa cepat terealisasi.

“Hal tersebut merupakan upaya mempercepat pelaksanaan prioritas pembangunan desa, daerah dan nasional,” terang Agung Bharata.

Bupati Gianyar menambahkan SKPD dalam menyusun Renja seharusnya mensinergikan dengan apa yang direncanakan masyarakat, sehingga kebutuhan masyarakat dan ruang partisipati warga tetap terjaga.

“Prinsip Dari, Oleh dan Untuk masyarakat bisa dilaksanakan optimal, sehingga prioritas Pembangunan RKPD 2016 bisa segera terwujud,” terang Agung Bharata.

Hadir dalam Musrenbangda RKPD Tahun 2015, Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Jajaran DPRD Kabupaten Gianyar, SekdaKab IB. Gaga Adi Saputra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, Pengadilan Negeri Gianyar, Pejabat/SKPD, Camat, Perbekel/Lurah, para perwakilan masyarakat, tokoh masyarakat serta keterwakilan perempuan. (Humas Gianyar/suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .