06 January 2015

Musin Hujan Tiba, Pohon Tua Dihimbau Segera Ditebang

Hujan lebat dan angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini  hendaknya diwaspadai. Pasalnya, berbagai bahaya bisa mengintai, salah satunya pohon tumbang. Masyarakat diharapkan melakukan tindakan pencegahan seperti menebang ranting atau pohon yang sudah tua.

Himbauan ini disampaikan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata, saat meninjau pohon beringin berumur ratusan tahun yang dikhawatirkan berpotensi tumbang di Banjar Lantang Hidung, Desa Batuan, Sukawati, Gianyar, (5/1).

“Kita harus waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Bupati Agung Bharata seraya menambahkan Pemkab. Gianyar akan membantu upaya penebangan pohon yang berpotensi tumbang dan mengintruksikan dinas terkait untuk melakukan sosialisasi sebagai upaya  pencegahan di titik-titik rawan bencana.

Hasil pantauan, pohon beringin yang terdapat dalam areal Pura Gaduh ini mempunyai cabang dan ranting yang besar. Apalagi, dekat pohon beringin terdapat pemukiman rumah penduduk. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan warga mengingat hujan yang turun akhir-akhir ini disertai angin kencang dan mengancam warga yang terdapat dibawahnya.

Perbekel Desa Batuan Nyoman Netra yang mendampingi Bupati Agung Bharata menjelaskan, warga memang sejak lama menginginkan pohon beringin ini ditebang karena berbahaya bagi warga dibawahnya, namun karena medan sulit dan perlu biaya baik untuk upacara dan biaya penebangan, maka penebangan ditunda. Namun, setelah dikunjungi Bupati Agung Bharata dan Pemkab. Gianyar sanggup membantu dalam pembiayaan penebangan, maka prajuru dan krama setempat segera akan melakukan upacara secara niskala agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Penebangan segera akan dilakukan, tinggal koordinasi masalah waktu upacara dan kesediaan tenaga penebang,” jelas Nyoman Netra.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar, A.A. Gde Oka Digjaya menerangkan, ada tiga kecamatan yang berpotensi terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang ketika memasuki musim hujan yakni Payangan, Tegallalang dan Tampaksiring. “Tiga wilayah ini memang dari tahun ke tahun berpotensi tanah longsor dan pohon tumbang mengingat terletak di dataran tinggi dengan pohon-pohon yang besar dan tinggi,” terangnya.

Kendati demikian, kecamatan lain juga perlu mewaspadai ancaman pohon tumbang. Titik kerawanan ini sudah diantisipasi dengan melakukan sosialisasi dan mengimbau warga yang memiliki pohon tua dan berpotensi tumbang untuk secepatnya melakukan penebangan. “Kami juga sudah membentuk tim reaksi cepat yang bertugas menangani jika terjadi  tanah longsor atau pohon tumbang,” imbuhnya. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .