17 October 2014

Monitoring Salon Desa ,Masyarakat Antusias Keberadaan Salon Desa

Dari hasil monitoring salon desa yang dilakukan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahaystra selama 2 hari (14-15 Oktober) di 7 kecamatan di KabupatenGianyar, Salon Desa Batubulan yang paling lengkap. Salon desa yang ada di kecamatan lainnya, semuanya sudah beroperasi namun masih ada kekurangan dibeberapa tempat.

Dari hasil monitoring tersebut, salon desa banyak yang masih keteteran di masalah administrasi, struktur kepengurusan, buku kas, inventaris hingga belum terpasangnya papan nama usaha salon.  Hal ini sangat penting, karena salon desa ini adalah milik bersama harus ada pertanggung jawaban yang jelas, hingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. “ Dari hasil monitoring yang kami lakukan selama 2 hari, salon desa Batubulan yang paling siap dalam segala hal. Hal ini dapat menjadi contoh bagi salon desa lainnya,” kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Selain masalah kelengkapan administrasi, hal penting adalah yang menjadi perhatian pada monitoring itu adalah kualitas atau skill para pengelola salon. Beberaa waktu lalu, ibu-ibu PKK Desa  sudah mendapat pelatihan tata rias rambut, wajah dan kulit yang difasilitasi Pemkab. Gianyar melalui TP.PKK Kabupaten Gianyar, Disdikpora dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar.  Mereka dilatih selama beberapa minggu  diasah keterampilan di bidang tata rias wajah maupun rambut. Dalam monitoring inilah dilihat sejauhmana mereka menyerap ilmu yang didapat selama pelatihan. “ Skill ini sangat penting, karena salon itu adalah usaha jasa atau pelayanan. Jadi pelayanan yang diberikan pada masyarakat atau pelanggan sangatlah penting,” tegas Ny. Surya Adnyani lagi.

Antusias masyarakat untuk datang ke salon desa cukup besar, seperti yang terjadi di Salon Desa Puhu Kecamatan Payangan. Ni NYoman Putri adalah salah satu warga Desa Puhu yang memanfaatkan jasa Salon Desa. Ia mengaku sangat senang dengan keberadaan salon di Desa Puhu. Apalagi saat ini  banyak terdapat odalan yang mengharuskan dirinya memakai sanggul. Putri lebih memilih memasang sanggul di salon desa daripada salon swasta yang ada disana. Selain ongkosnya lebih murah, pegawainya sudah ia kenal jadi lebih nyaman.

Dalam kesempatan monitoring itu juga didampingi oleh SKPD terkait seperti Bappeda, BPMD, Disnakertrans, Bagian Hukum dan Ny. Sumerthi Pande dari LPK Putra Intan Salon. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .