18 August 2015

Meriahkan HUT RI ke-70, Tampaksiring Gelar Gerak Jalan Unik

Berbagai kegiatan dilaksanakan masyarakat dalam memperingati HUT RI ke 70, hal tersebut demi memupuk rasa cinta tanah air. Berbeda dengan yang dilaksanakan di Kecamatan Tampaksiring. Panitia Kecamatan Tampaksiring gelar Gerak Jalan Unik dengan pakaian adat dan bahkan ada yang berpakaian penari Bali. Pesertanya juga bebas dari berbagai kalangan, hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Kegiatan, I Wayan Sudarma, di Kantor Camat Tampaksiring, Gianyar,  (14/8).

Lebih lanjut, Sudarma mengatakan gerak jalan ini diikuti 48 regu putra-putri asal SMP, SMA/SMK dan umum. Bahkan ada regu dari kalangan subak, yakni Subak Pulagan yang dikenal sudah diakui UNESCO. Peserta lainnya ada yang berasal dari kalangan sekaa teruna, pedagang pasar dan masyarakat umum. Rute gerak jalan ini dimulai dari aeral parkir Istana Kepresidenan Tampaksiring menuju arah selatan, hingga berakhir di depan Pura Penataran Sasih, Desa Pejeng. “Peserta sebanyak 48 regu menempuh jarak sekitar 12 km,” terang Sudarma.

Peserta sudah memenuhi areal parkir istana sejak pukul 08:00 Wita dan kegiatan berakhir hingga pukul 12:00 Wita. Sepanjang rute yang dilalui, warga sangat antusias menyaksikan gerak jalan ini. Disamping memang unik, diantara peserta juga menampilkan berbagai hiburan gerak dan nyayian yang mengundang tawa penonton. “Kegiatan unik seperti ini merupakan spontanitas peserta, dan antusias warga Tampaksiring memang bagus di HUT ke 70 ini,” imbuhnya.  

Gerak jalan indah yang dilombakan dibagi menjadi 5 katagori, yakni kategori SMP putra dan putri, SMA/SMK putra dan putri dan kategori umum.  Bahkan dewan juri dibuat tertarik dengan penampilan regu asal Banjar Sareseda, regu ini tampil dengan busana salah satu punakawan dalam seni tradisional arja (Wijil). Regu yang beranggotakan 25 orang berhasil meraih juara I pada kategori umum. Mereka tampil atraktif dengan nyanyian dan tarian bali. Panitia memutuskan Sekaa Teruna  Banjar Sareseda menjadi juara I di kategori umum, karena penampilan menarik kompak dan unik. Juara I kategori SMP putra, diraih SMPN 2 Tampaksiring, Putri diraih siswi SMPN 3 Tampaksiring. Sedangkan juara I SMA/SMK Putra-Putri diraih siswa-siswi SMAN 1 Tampaksiring.

Senada yang diungkapkan, I Wayan Kujus Pawitra mantan Camat Tampaksiring yang kini menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Gianyar. Gerak jalan seperti ini pernah digagasnya saat menjadi Camat Tampaksiring era 2003 silam. Bahkan saat itu peserta ada yang berpakaian petani, nelayan, pedagang, pakai kebaya dan sebagainya. Ide ini muncul lantaran ingin mengakomodasi budaya lokal genius Bali.  “semoga gemerlap Proklamasi bisa akomodir budaya lokal, “imbuhnya. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .