20 April 2015

Meriahkan HJKG Ke-244, Tampaksiring Gelar Double Road Race

Meriahkan Hari Jadi Kota Gianyar (HJKG) ke-244, Kecamatan Tampaksiring gelar Double Road Race, yakni lari dengan menempuh dua jarak. Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Double Road Race, Ida Bagus Putu Pawitrem saat acara berlangsung, di areal parkir Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, (19/4).

Ida Bagus Putu Pawitrem mengatakan Double Road Race merupakan lari yang diciptakan Bob Anderson di Meksiko 2010 lalu. Lari ini dilakukan dengan menempuh dua jarak dalam sekali lari, misalnya jarak 15 Km ditempuh dua kali, yakni pertama dengan jarak 10 Km, lalu peserta bisa istirahat dan saat ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan pemulihan, pijat, minum dan sebagainya. Selanjutnya peserta harus menempuh 5 Km jarak berikutnya hingga finish. Begitu seterusnya dengan jarak yang lain, seperti 10Km, 5Km, 2,5Km dan seterusnya. “Lomba kali ini kami melaksanakan 3 jarak, yakni 15Km, 5Km dan 2,4Km. Jika 15K, ditempuh dengan 10K pertama dilanjutkan dengan 5K berikutnya. Jika 5K ditempuh dengan 3Km pertama dan 2Km berikutnya. Sedangkan yang 2,4Km ditempuh dengan 1,4 Km dan selanjutnya 1Km,” imbuhnya.

Double Road Race yang diikuti 300 peserta dalam dan luar negeri baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia bahkan di Asia. Peserta yang ikut berasal dari umum, anak-anak dan bahkan para lansia. Setiap katagori akan diberikan hadiah sesuai kategori peserta, seperti kategori jarak, kategori anak-anak, kategori laki atau perempuan dan juga kategori umur. “Sehingga juara masing-masing kategori sangat adil dan bisa dipertanggung jawabkan,” imbuhnya. 

Kegiatan yang bertema Ngarap ini juga dirangkai dengan pementasan Tarian Kolosal pada malam harinya, tujuannya disamping menggali potensi dan budaya Kecamatan Tampaksiring, kegiatan juga diharapkan sebagai ajang promosi Tampaksiring. Kegiatan lari yang mengambil rute di seputaran Pura Tirta Empul dan Jalan desa di Kecamatan Tampaksiring juga sebagai media pengenalan daerah wisata Tampaksiring. “Kedepan kegiatan ini akan terus dilaksanakan, hal ini akan sangat berdampak bagi promosi wisata dan kesejahtraan warga tampaksiring,” terang Pawitrem.

Senada yang diungkapkan, Ass II Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta saat membuka acara, kalau Double Road Race merupakan ajang Internasional yang sangat bagus, dan tentunya bisa dimamfaatkan sebagai penunjang  perkembangan pariwisata wilayah Tampaksiring dan Gianyar. Sehingga kegiatan HJKG bukan hanya ceremonial saja, dan HJKG ke-244 juga bermamfaat untuk meningkatkan kesejahtraan warga. “Kedepan Pemkab. Gianyar akan selalu mendukung kegiatan semacam ini, sehingga semakin banyak partisipasi dan kesejahtraan warga juga makin meningkat,” tegas Suweta. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .