07 April 2015

Masyarakat Gianyar Satu Suara Tolak ISIS

Organisasi masyarakat (ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan elemen masyarakat lainnya dibawah Forum Masyarakat Gianyar (FMG) bersatu menyamakan persepsi untuk menolak dengan tegas keberadaan paham radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Hal tersebut terungkap dalam deklarasi Gianyar tolak ISIS di Sekretariat Gerakan Adil Aman Sejahtera untuk Indonesia (Garansi) di banjar Kaja Kangin, kelurahan Beng, Gianyar, (7/4).

Penandatangan oleh segenap elemen masyarakat tersebut disaksikan pihak Pemkab Gianyar dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Polres Gianyar, Kodim 1616/Gianyar dan Kejari Gianyar.

Ketua Garansi Gianyar, Pande Mangku Rata mengatakan Kabupaten Gianyar selama ini dikenal oleh mancanegara sebagai salah satu ikon pariwisata di Bali. Untuk itu keamanan menjadi sebuah kewajiban guna mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan. Salah satunya dengan bersiaga menangkal paham ISIS.

Mangku Rata menjelaskan penyamaan persepsi sangat perlu dilakukan agar seluruh pihak masyarakat di Kabupaten Gianyar bersatu padu menangkis paham – paham yang sangat bertentangan dengan khaedah normal di masyarakat.

”Empat pilar Bangsa Indonesia (Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI) mesti selalu dipegang teguh. Semoga kita tetap pertahankan kedamaian, tidak sampai terpecah belah antar saudara. Jangan mudah terprovokasi kelompok satu sama lain. Sebab dari situlah paham luar seperti ISIS akan dapat mengintip celah untuk menyusup ke dalam sendi – sendi masyarakat,” terangnya.

KaBid. Kewaspadaan Daerah, Kesbangpolinmas, I Nyoman Tinkes mengatakan Pemkab sangat mengapresiasi langkah cepat dari pihak masyarakat dalam upaya memperkuat pertahanan diri dari paham radikal tersebut.

Untuk itu, Tinkes meminta terhadap siapapun yang telah mencium gelagat keberadaan ISIS di Kabupaten Gianyar agar secepatnya mengkoordinasikan dengan Kesbangpolinmas maupun pihak aparat pengaman lainnya.

”Jangan sampai paham tersebut masuk dan mengganggu kenyamanan Kabupaten Gianyar,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam hal ini aparat keamanan memiliki peran yang besar dalam mengantisipasi kemungkinan tersebut. Maka dari itu, kepolisian, tentara, Satpol PP dan Kesbangpolinmas akan selalu mengintensifkan pemantauan ke setiap sudut desa di Kabupaten Gianyar.

Dalam pantauan di lapangan, penandatangan tolak ISIS diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, diantaranya Forum Perbekel Gianyar, FPK Gianyar, FKDM Gianyar, MUI Gianyar, PHDI Gianyar, KNPI Gianyar, PAROKI Gianyar, MPAG Gianyar, WALUBI Gianyar, MAKIN Gianyar, dan ormas lainnya. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .