02 September 2015

Martini Lebih Pilih Berkarya Ketimbang Belajar

Ni Kadek Martini, (18), gadis buta huruf asal Banjar Pesalakan, Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring dikunjungi oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tampaksiring di rumahnya,  (1/9).

Perbekel Desa Pejeng Kangin, I Gede Purnadi Yoga mengatakan, Martini memiliki riwayat penyakit epilepsi sejak kecil. Hal itu menyebabkan dia terpaksa putus sekolah karena sangat susah menangkap pelajaran. Dan hingga kini, dirinya enggan lagi untuk mengenyam bangku pendidikan. Dia lebih nyaman memelihara sapi, dan membantu ibunya kerja serabutan.”Kalau dipaksakan sekolah, kami khawatir sakitnya kumat,”ucapnya.

saat dikorfirmasi lagi, Martini mengaku "tiang ten enak sudah gede sekolah, selain itu, sapi ga da yang ngurus", ungkap martini.

Dari hasil pantauannya, Camat Tampaksiring , Kadek Alit Adnyana mengatakan, kondisi tempat tinggal Martini memang tergolong memprihatinkan. Martini, demikian dia disapa, kini tinggal dengan sang ibu Ni Wayan Sari, (40), dan neneknya Ni Ringsung,90. Untuk kebutuhan hidup, keluarga tersebut kini menggantungkan harapannya terhadap Ni Wayan Mariartini, anak sulung dari Wayan Sari, yang kini bekerja di salah satu restoran di Kuta. Keseharian dia memelihara sapi peninggalan ayahnya yang sudah meninggal beberapa tahun silam.

Alit mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan pelatihan wirausaha berupa kursus jahit di daerah tersebut. Nantinya, tidak hanya untuk Martini, juga berlaku bagi warga miskin lainnya. Salah satunya minimnya kebutuhan pokok air minum. Disamping dalam waktu dekat, Martini dan keluarga akan segera mendapatkan air bersih PDAM. Karena sebulan yang lalu sudah diamprah ke PDAM, dan sudah masuk daftar tunggu.

Selama ini, lanjut Alit, keluarga Kadek sudah mendapat beberapa bantuan dari pemerintah, diantaranya bedah rumah untuk bale dangin, dana stimulan untuk bahan – bahan bangunan rumah, BLSM, Kartu Indonesia Sehat, raskin, JKBM, dan lainnya. Disamping dalam anggaran perubahan, akan mendapatkan bantuan jamban dari Dinas Sosial Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .