08 May 2015

Manusia Sejatinya Bertahan Hidup Dengan Hasil Pertanian

Manusia sudah pasti bertahan hidup dengan hasil pertanian. Oleh karena itu, penting ditekankan, agar masyarakat tidak terlena dan melupakan sektor pertanian. Sebab, selain sebagai sumber penghidupan, pertanian juga menjadi cikal bakal lahirnya seni dan budaya yang menjadi pusaka budaya Kabupaten Gianyar.

Demikian dikatakan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata, saat melepas kontingen Pekan Daerah (PEDA) XVI Petani Nelayan Kabupaten Gianyar tahun 2015, di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (7/5).

Agung Bharata berpesan, ajang PEDA mesti dimanfaatkan oleh kontingen untuk bertukar pengalaman dalam bidang pengembangan pertanian, maupun peternakan. Memang, tidak semua kelompok petani dapat bangkit dan berkembang secara mendadak. Butuh proses yang panjang untuk dilalui.

”Para petani dan nelayan sebaiknya tetap berusaha semampu mungkin. Bikin manajemen yang baik, pasti akan maju. Jika terjadi penurunan, jangan disesali, jadikan evaluasi. Terutama di Bali, pertanian mesti sejajar diperlakukan, sebagaimana masyarakat mengandalkan pariwisata sebagai sumber penghidupan,”terangnya di hadapan puluhan kontingen.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalang (KTNA) Kabupaten Gianyar Wayan Riyo mengatakan, PEDA XVI Petani Nelayan akan dilaksanakan di Kabupaten Bangli, mulai dari tanggal 10-14 Mei 2015. Dalam PEDA kali ini disuguhkan tema “Melalui Pemberdayaan Petani Nelayan dan Penguasaan Teknologi Tepat Guna, Kita Kembangkan Daya Saing Perekonomian dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Petani Nelayan, Menuju Bali Mandara berlandaskan Tri Hita Karana”.

Berdasarkan tema tersebut, kata Riyo, kelompoknya akan menampilkan materi pameran mencakup produk unggulan Kabupaten Gianyar, komoditas lokal pengganti beras, teknologi tepat guna yang dapat memudahkan petani, dalam budidaya dan pemanfaatan lahan pekarangan, sesuai konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL).

Dia mengatakan, kontingen PEDA tahun 2015 berjumlah 30 orang petani sebagai peserta inti. Terdiri dari unsur Tani Dewasa, Wanita Tani, dan Taruna Tani. Dengan persiapan yang sudah dimatangkan selama 10 hari, pihaknya optimis dapat memberikan yang terbaik dan meraih hasil yang maksimal dalam pergelaran tersebut.”Kami siap mengikuti seluruh kegiatan di ajang PEDA 2015,”tegasnya. (Humas gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .