07 September 2014

Mahasiswa Asal Jepang Belajar UMKM Di Gianyar

Di fasilitasi oleh salah satu dosen Fisipol UGM Dr.AG. Subarsono MA, sekitar 20 mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Osaka dan Kyoto Jepang belajar UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Gianyar. Mahasiswa yang didampingi Prof. Azuma di terima oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta di Ruang Sidang Utama kantor Bupati Gianyar, (6/9).

Dr.AG. Subarsono MA pada kesempatan itu memberikan presentasi tentang Politics & Business Under Decentralization. A Case Of Study In Gianyar District,Bali Indonesia.  Bahkan sebelumnya Ia sudah melakukan penelitian tentang UMKM di Gianyar selama 3 bulan. 

Prof. Azuma yang fasih berbahasa Indonesia ini menjelaskan pihaknya berterimakasih pada Pemerintah Kabupaten Gianyar, karena bersedia menerima mahasiswanya untuk belajar UMKM. Nama Bali termasuk Gianyar sudah sedemikian terkenal di Jepang, selain pariwisata industri kerajinannya pun banyak diminati wisatawan Jepang. “Kami juga akan melihat langsung  sentra-sentra industri kerajinan di Gianyar,” kata Prof. Azuma.

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta mengaku sangat bangga, Kabupaten Gianyar dipilih mahasiswa asal Jepang belajar tentang UMKM. Menurutnya mereka tidak salah pilih daerah, karena industri kerajinan merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat selain pertanian dan pariwisata. Berdasarkan data di Dinas Koperasi Gianyar jumlah UKM mencapai sekitar 75 ribu UKM, itu termasuk dibidang hasil olahan pertanian, industry kerajinan penunjang pariwisata, jasa dan lain-lainnya. “semoga apa yang akan dipelajari di Gianyar ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” kata I ketut Suweta.

Salah satu mahasiswa Jepang Chika Minaminoto, asal Kyoto, mengatakan ingin tahu lebih banyak dengan kebijakan pemerintah tentang pemberdayaan UMKM di Kabupaten Gianyar. Karena selama ini banyak di negara Jepang ada produk kerajinan dari Bali yang ada di Jepang. Selain design dan kekhasan produknya, karya seni asal bali ini banyak mendapat peminat di negaranya. Untuk itu dia ingin tahu tentang kerajinan yang ada di Kabupaten Gianyar dan apa saja upaya yang dilakukan Pemkab. Gianyar untuk melindungi dan memberdayakan UMKM. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .