20 December 2009

Lomba Pasang Sanggul dan Sampian Penjor

sanggulTerkait dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK atau HKG ke-37, PKK Kabupaten Gianyar mengadakan lomba membuat dan memasang sanggul Bali langsung dengan make up untuk pergi ke pesta perkawinan, dan lomba membuat sampian penjor. Lomba yang diikuti oleh anggota PKK se-Kabupaten Gianyar dan dihadiri oleh Ketua TP.PKK Kab. Gianyar, Ny. Tjok. Oka A.A. Sukawati, Ketua Gatriwara, Ny. Made Mahayastra dan Ka. Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kab. Gianyar, Made Chandra Yuni, membuat sumringah Wantilan Pura Puseh Desa Batuan Sukawati (20/12).

Menurut salah satu dewan juri lomba sanggul, Ny. Sumerthi dari Putra Intan Salon, penilaian lomba kali ini lebih dititik beratkan pada keterampilan, keserasian, penampilan, ketepatan waktu dan keserasian waktu parade.  Sementara itu ketua TP PKK Kab. Gianyar, Ny. Tjok. Oka A.A. Sukawati, menjelaskan tujuan diadakan lomba ini adalah untuk melatih keterampilan kaum perempuan khususnya ibu-ibu PKK, untuk memasang sanggul dan merias diri sendiri. Tak dapat dipungkiri, kehidupan masyarakat di Bali tidak pernah bisa lepas dari urusan adat-istiadat yang mengharuskan para ibu mengenakan busana tradisional. “Jadi untuk urusan berdandan, ibu-ibu tidak usah ke salon karena sudah bisa sendiri,” papar Ny. Tjok A.A. Sukawati. Begitu pula hal-nya dengan lomba membuat sampian penjor, pada saat hari raya ibu ibu tidak usah membeli, sehingga uangnya bisa dialokasikan untuk kepentingan lain.

Setelah melewati proses penilaian dari dewan juri yang terdiri dari, lomba memasang sanggul, Pande Wijana (tude), Ni Wayan Sumerthi dan dari Salon Agung Denpasar, dan lomba membuat sampian penjor, A.A. Raka Payadnya, Ni Made Samar,S.Ag dan Ny. A.A. Gde Agung Gunawan, terpilih para pemenangnya. Untuk lomba pasang sanggul pemenangnya, juara 1 Komang Cipta Wiliawati dari PKK Desa Batubulan, juara 2 Wiwin dari PKK Desa Singapadu dan juara 3 Nyoman Seneng Arini dari PKK Desa Keramas. Sedangkan untuk lomba membuat sampian penjor, juara 1 dari PKK Desa Tegallalang, juara 2 dari PKK Desa Payangan dan juara 3 direbut oleh Pkk Desa Ubud.(iba)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .