17 January 2011

Lomba Mekendang dan Tari Jauk Manis

SMAN 1 Ubud untuk kali kelima menggelar lomba mekandang dan menari Jauk Manis antara SMA/SMK se-Bali. Kegiatan tahun ini yang diberi nama Osis Cup V SMA N 1 Ubud. Makendang Tunggal dan Tari Jauk Manis antar SMA/SMK se-Bali berlangsung di aula sekolah setempat (15/1).

Sebanyak 10 pasang peserta dari SMA di Gianyar dan Denpasar mengikuti perlombaan diramaikan oleh supporter masing-masing peserta.

Menurut Ketua Panitia Penyelanggara Drs.  I Wayan Astawa, kegiatan lomba kali ini diikuti oleh 10 pasang peserta berasal dari SMA/SMK yang ada di Bali. Kegiatan perlombaan disamping diarahkan untuk melestarikan seni Bali khusunya menabuh dan menari juga diarahkan untuk mengarahkan generasi muda khusunya anak sekolah pada kegiatan yang paositif. Dengan kegiatan lomba ini diharapkan Gianyar sebagai gudangnya seni dapat lahir seniman tari dan tabuh yang dapat lebih mengharumkan nama Gianyar dan Bali sebagai daerah seni dan budaya.

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan lomba menari dan menabuh di SMA N 1 Ubud. Tentunya dengan perlombaan ini dapat dijadikan ajang dalam melestarikan seni dan berkesenian di masyarakat, khususnya generasi muda. Kedepan Bupati berharap kegiatan serupa dapat dilakukan dengan lebih baik dan lebih banyak peserta. Dengan kegiatan semacam ini, tentunya disamping dapat mencari bibit seniman juga ajang untuk apresiasi bagi generasi muda. Bupati berharap kegiatan berkesenian nantinya dapat berimbas pada, pembangunan karakter dan mental serta menjadi aset ekonomi bagi para seniman.

Dalam kegiatan lomba menghadirkan juri yang diketuai oleh I Nyoman Cerita, SST, MFA, I Ketut Partha, S.S.kar, M.Si, Ida Bagus Nyoman Mas, S.S.kar, I Wayan Sutirtha, S.Sn, M.Sn dan I Wayan Budiarsa, S.Sn. Adapun juara untuk mekandang tunggal diraih oleh I Komang Adi Saputra dari SMK N 3 Sukawati, Lomba Tari Jauk Manis diraih oleh I Made Pasek Suwarbawa dari SMA Negeri Ubud. Sedangkan juara umum diraih oleh SMA N Ubud yang piala dan penghargaan serta uang pembinaan diserahkan langsung oleh Bupati Gianyar. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .