13 August 2014

Lomba Lagu Perjuangan, Tanamkan Rasa Nasionalisme

Untuk menanamkan jiwa nasionalisme di kalangan generasi muda, Pemkab. Gianyar serangkaian  HUT Kemerdekaan RI ke-69 mengadakan lomba paduan suara lagu-lagu perjuangan tingkat  SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar. Lomba diikuti 23 peserta dilaksanakan di Balai Budaya, Gianyar, (13/8).

Masing-masing peserta menyanyikan lagu wajib berjudul  ‘Hari Merdeka’ dan salah satu dari tiga lagu pilihan yaitu Satu Nusa Satu Bangsa, Syukur dan Desaku. Peserta yang satu regu terdiri dari 11 siswa siswi saling mengeluarkan kemampuan mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan disertai gerakan. Mereka dinilai oleh tiga tim juri dari Institut Seni Indonesia (ISI)  Denpasar dan alumni Gita Bahana Nusantara.

Lomba lagu perjuangan dari pagi hingga siang hari ini, juga disaksikan langsung Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra didampingi Kepala Disdikpora Dewa Gde Alit Mudiarta.

Salah satu juri. Komang Darma Yuda dari ISI mengatakan, penilaian lebih pada vocal, teknik, ekspresi, penjiwaan, penguasaan panggung, dan keindahan suara.  Peserta diharapkan menyanyikan lagu perjuangan dengan penjiwaan dan ekpresi wajah penuh semangat sesuai dengan judul lagu “Hari Merdeka”.

Sementara salah seorang peserta lomba dari  SMK Werdhi Sila Kumara Silakarang Ubud mengaku senang bisa mengikuti lomba mengingat lagu perjuangan mencerminkan rasa nasionalisme generasi muda saat ini. Apalagi, lagu-lagu perjuangan sudah mereka kuasai sejak duduk di bangku SD.

Hasil akhir dari lomba adalah juara 1 SMKN 3 Sukawati, juara 2 SMAN 1 Sukawati, juara 3 SMAN 1 Gianyar, harapan 1 SMAN 1 Blahbatuh, harapan 2 SMAN 1 Ubud, harapan 3 SMAN 1 Tampaksiring.

Lomba serupa  tingkat SMP juga dilaksanakan, Senin (11/8) lalu di Balai Budaya yang diikuti 27 peserta SMP se-Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .