14 April 2015

Localisious “Farm To Table”, Bahan Baku Lokal Kelas Internasional

Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam rangka meningkatkan pengunaan dan produksi bahan baku lokal pada masyarakat Gianyar serta Menggali Potensi Kuliner Gianyar, bekerjasama dengan Indonesia Chef Association (ICA) dan didukung junior Chamber International (JCI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) dan Masyarakat Gastronomi Indonesia (MAGASI) menggelar Localicious “Farm To Table” yang dibuka secara resmi oleh Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata di Lapangan Astina Gianyar, (12/4).

Ketua Penyelenggara Localicious “Farm to Table”, Yoke Darmawan menjelaskan Localicious (Local and Delicious) “Farm To Table” merupakan katalisator pengembangan ekonomi kreatif bidang kuliner sebagai upaya membangun kepedulian para pemangku kepengtingan di bidang kuliner guna bersinergi meningkatkan kualitas dan kuantitas serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sejarah budaya makanan lokal. Acara ini bertujuan mensosialisasikan kekayaan khasanah kuliner berbahan baku lokal, meningkatkan peran pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner dalam menghasilkan produk berbahan baku 100 % local serta meningkatkan kecintaan terhadap bahan baku local sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan.

Lebih lanjut Yoke menuturkan acara digelar selama dua hari 12-13 April 2015 menampilkan Famous Master Chef Indonesia alias Celebrity Chef Indonesia yang  terdiri dari Chef Henry Alexie Bloem, Chef Dedy Soekartin, Chef haryo Pramoe, Chef Kelana dan Junior Chef Nadja Azzura. Acara diisi dengan berbagai talkshow diantaranya, “Every Food has Story “dengan narasumber Damayanti Inne Hakim Tohir (Ketua Umum Magasi) dan  Prof. Benny Hoedoro Hoed (Guru Besar Emeritus Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI). “Empowering Locals” dengan narasumber Mulyati Gozali (pemilik PT Sababay Industri) dan Dr. Jean Couteau (Budayawan asal Perancis), “Health and Beauty” dengan narasumber Chef Haryo Pramoe (selebrity Chef) dan Ni Kadek Winie Kaori, “Inspiring Farming” dengan narasumber Daniel Jonathan teguh dan Agus Purnomo Serta “Living Green” dengan narasumber Ben&krisna dan Ni Kade Winnie Kaori. Selain itu juga Bupati Gianyar bersama Ketua ICA Bali menandatangai komitmen bersama penggunaan produk  daging lokal dalam setiap masakan yang dihasilkan oleh para chef yang berada dibawah naungan ICA Bali.

Salah satu pembicara talkshow “Every Food Has Story dan Empowering Locals”, Benny Hoedoro Hoed menjelaskan Diera Globalisasi dan menjelang berlakunya kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Masyarakat Gianyar harus mulai mempersiapkan diri untuk dapat bersaing diberbagai bidang, salah satunya bidang kulilner. Kuliner tradisional khas Gianyar memang masih menjadi primadona bagi masyarakat Gianyar, namun dengan begitu banyaknya kuliner asing yang masuk ke Bali khususnya Gianyar tidak menutup kemungkinan  kuliner tradisional mulai tergantikan terlebih gaya hidup generasi muda saat ini yang cenderung mengkonsumsi masakan cepat saji yang kebanyakan merupakan kuliner asing. Selain itu sebagai destinasi pariwisata sasaran kuliner tradisional tidak hanya masyarakat local namun juga para tamu yang kebanyakan adalah wisatawan mancanegara. 

Permasalahan lain bidang kuliner adalah banyaknya penggunaan bahan baku makanan import oleh masyarakat meskipun masakan yang dihasilkan adalah kuliner tradisional.

Bupati Agung Bharata mengatakan Kuliner tradisional dengan bahan baku makanan produk pertanian dan peternakan berkualitas baik dengan penyajian dan olahan yang profesional mampu menciptakan makanan yang berkualitas dan bertaraf internasional dan mampu bersaing dengan kuliner dan bahan baku import. Melalui kegiatan ini dan dikembangkannya ekonomi kreatif diharapkan potensi kuliner tradisional yang saat ini sudah memiliki ruang dihati masyarakat mampu mengglobal dengan demikian mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Bupati juga berharap agar komitmen yang ditandatangani oleh ICA Bali agar diikuti oleh seluruh stakeholder dan masyarakat Gianyar. (Humas Gianyar/ns)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .