29 April 2017

LKBB Upaya Bentuk Karakter Pemuda

Sebanyak 49 peserta dari tingkat SMP/SMK beradu ketangkasan pada Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Bupati Cup VII Tahun 2017 di Gor Kebo Iwa, Gianyar, (28/4). Selain menunjukkan kerapian dalam baris berbaris, peserta juga menyuguhkan atraksi koreografi yang disertai yel – yel. Sontak keriuhan sorak sorai masing – masing pendukung turut meramaikan aksi masing – masing peserta.

Ketua Panitia LKBB, I Wayan Didik Prayoga mengatakan, baris berbaris merupakan suatu metode pembelajaran yang mendasar sebagai pembentukan karakter bagi generasi muda yang disiplin. Patuh dan taat untuk belajar memimpin dan dipimpin, memahami kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan serta tanggung jawab. Kegiatan ini juga mengambil tema, “Idealisme Pemuda Dalam Derap Langkah Paskibraka” yang bermakna bahwa ide, gagasan dan hasil pemikiran pemuda diramu dan disatupadukan dalam derap langkah paskibraka guna mewujudkan revolusi karakter bangsa sebagaiman termuat dalam nawa cita.

Didik Prayoga menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai dari 28 s/d 30 April 2017 di GOR Kebo Iwa, Gianyar. Kegiatan ini diikuti 49 peserta dengan rincian, 22 peserta SMP dan 27 peserta SMA. Perlombaan dibagi menjadi  3 hari, di hari pertama sebanyak 16 peserta, hari kedua 19 peserta dan di hari ke tiga 14 peserta.

Ketua PPI Kabupaten Gianyar, Komang Wahyu Utarama mengatakan, LKBB merupakan salah satu prgram kerja PPI Gianyar yang tahun ini menginjak tahun ke 7. Kegiatan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian sosial kami terhadap pembentukan karakter pemuda khususnya di Kabupaten Gianyar. Pembentukan karakter pemuda ini sangatlah penting untuk memepersiapkan kader bangsa yang berjiwa Pancasila di tengah gelombang ujian yang begitu masiv untuk merongrong dasra falsafah negara.

“PPI Gianyar selalu berkomitmen dan konsisten dalam menjaga nilai – nilai pancasila melalui program kerja yang kami lakukan. Juga merupakan salah satu tanggung jawab moral dalam pembentukan karakter pemuda,” terang Wayu Utarama.

Kepala Bidang Kepemudaan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Gusti Ngurah Suasta, mengatakan, sangat mendukung Lomba Keterampilan Baris Berbaris yang dilaksanakan oleh PPI Gianyar. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata partisipasi pemuda dalam mewujudkan pembangunan, khususnya di Kabupaten Gianyar.  Pembentukan karakter pemuda sangat penting dilakukan, mengingat pemuda sebagai generasi penerus masa depan justru makin jauh dari perubahan yang sifatnya positif. Era globalisasi yang menganut asa liberalisme menimbulkan perilaku yang menyimpang dari jati diri Bangsa Indonesia, seperti maraknya tawuran antar pelajar, pergaulan bebas serta peredaran maupun pemakaian obat terlarang.

“Generasi muda harus lebih pintar dan cerdas untuk memilah – milah, mana yang baik dan mana yang kurang baik,” tegas Ngurah Suasta. (HumasGianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .