03 June 2014

Lima Dalang Ikut Festival Wayang Dunia Di China

Pesatnya perkembangan teknologi,  membuat kesenian wayang tradisional Bali seperti terpinggirkan. Padahal kesenian yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia ini patut dilestarikan. Apalagi banyak filsafat hidup yang bisa dipetik. 

"Minat masyarakat khususnya generasi muda terhadap seni pertunjukan wayang semakin rendah," kata I Wayan Tunjung, salah seorang dalang wayang tradisional asal Ubud, Gianyar, saat audiensi  dengan Sekda Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra, di Kantor Bupati Gianyar,(28/5). I Wayan Tunjung bersama 4 rekannya akan mengikuti Festival Wayang Internasional di Nanchong, China, 31 Mei – 7 Juni 2014.

Menurutnya, generasi muda menganggap seni pertunjukan wayang tidak sesuai lagi dengan dinamika masyarakat modern yang selalu berfikir efektif dan efisien. Anak-anak lebih senang menonton film kartun yang ada di media elektronik.

 “Perlu terobosan dan strategi untuk menarik minat masyarakat terhadap kesenian tradisional itu, salah satunya dengan menyelipkan pelajaran pewayangan ke sekolah,” ungkapnya.

Sementara Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra, mengatakan, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada budaya tradisi khususnya wayang di antaranya memberikan proteksi melalui pentas seni tradisional, seperti pada  HUT Kota Gianyar, pergantian tahun dan kegiatan lainnya.

“Pemkab. Gianyar sudah berkomitmen memberikan ruang dan wadah bagi seniman dalam setiap kegiatan untuk berkreasi sekaligus sebagai upaya pelestarian," tegasnya.

Pemkab. Gianyar sendiri sudah merancang untuk memberikan kesempatan para dalang di Gianyar untuk pentas bergilir setiap ada kegiatan atau upacara yadnya. Bulan Oktober nanti, rencananya akan dilaksanakan work shop tentang pewayangan sehingga generasi muda kembali mendapat pencerahan pentingnya seni pewayangan.

“Kita akan matangkan lagi mekanismenya sehingga kesenian wayang bisa bangkit lagi dan diminati generasi muda,” tegasnya.

Dalang I Wayan Tunjung bersama 4 rekannya yakni I Gede Suartana, I Nyoman Karang Mustika, I Komang Sudiarsa dan satu dalang asal New York Amerika Serikat, Jennifer Goodlander, akan mengikuti Festival Wayang Dunia di Nanchong China. Mereka akan tampil membawakan wayang tradisional Bali dengan berbagai lakon Mahabrata dan Ramayana. Festival Wayang diikuti negara-negara seluruh dunia. Sementara Jennifer Goodlander sendiri adalah seorang professor bidang Theatre and Drama di Indiana University, AS yang belajar mendalang wayang tradisional Bali sejak tahun 2008 di Ubud. Kecintaannya akan wayang, membuatnya kini mahir mendalang dan ikut  sebagai duta Bali ke Nanchong, China. (Humas Gianyar/ NGR WW)

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .