07 December 2014

Lebih Beach Festival ke-4 , Berharap Kunjungan Wisatawan Meningkat

Desa Lebih, Gianyar terus berupaya mempromosikan diri sebagai wisata bahari. Salah satu upaya tersebut dengan menggelar “Lebih Beach Festival” setiap tahun sekali. Untuk tahun ini, kegiatan yang bertujuan menarik kunjungan wisatawan  dilaksanakan  tanggal 6 s/d 7 Desember 2014 dan merupakan festival yang ke-4 kali.

Seluruh kegiatan dipusatkan di Pantai Lebih termasuk saat pembukaan, (6/12), yang dimeriahkan tarian dan baleganjur. Beruntung cuaca bersahabat dan tidak turun hujan, sehingga kegiatan bisa terlaksana, antara lain, pameran kuliner khas Pantai Lebih, parade kano, lomba mencar, lomba renang, dan lomba menangkap bebek di laut, Untuk hari kedua, juga dilaksanakan berbagai olahraga pantai diantaranya,  lomba surving, pelatihan penyelamatan diri untuk siswa SD dan berbagai hiburan musik lokal.

Pembukaan dan perlombaan mendapat sambutan antusias penonton yang memadati Pantai Lebih, termasuk puluhan wisatawan ikut berbaur.  Peserta yang didominasi anak-anak SD dan SMP, tampak penuh semangat berlomba diatas pasir dan berenang ke laut.

Ketua Panitia LBF ke-4, I Wayan Agus Muliana menjelaskan, pelaksanaan festival bertujuan mempromosikan Pantai Lebih sebagai wisata bahari. Dia optimis Pantai Lebih akan menjelma menjadi salah satu destinasi pariwisata Gianyar timur. Hal ini karena Pantai Lebih memiliki daya dukung yang menjadi daya tarik diantaranya, terdapat aktivitas nelayan dengan jukung tradisional dan warung lesehan yang menawarkan kuliner ikan khas pantai  Lebih.  Bahkan, Pantai Lebih kini sudah dikenal di Bali sebagai pusat kuliner ikan laut.

“Ini merupakan modal pantai Lebih dengan ciri khasnya, sehingga ke depan kunjungan wisatawan diharapkan meningkat,” ujar Agus Muliana.

Selain itu, LBF  juga bertujuan  membangkitkan prestasi  olahraga air  seperti renang dan selancar sehingga diharapkan bisa menjadi atlet yang bisa ‘berbicara’ di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

“Diharapkan muncul bibit-bibit olahraga air yang bisa berprestasi dan mengharumkan nama Bali,” imbuh Agus Muliana.

Sementara Bupati Gianyar dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gianyar, I Made Raka menyampaikan, LBF merupakan kegiatan tepat memperkenalkan potensi Desa  Lebih sebagai wisata bahari. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat di bidang maritim dan daerah pesisir pantai. Diharapkan perkembangan Desa Lebih sebagai wisata bahari dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya.

Bupati Agung Bharata juga berharap, LBF bisa terselenggara secara berkelanjutan untuk melestarikan budaya bahari dan penyaluran kreativitas seni generasi muda. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .