28 December 2016

Kukuhkan Majelis Madya Subak Gianyar, Mahayastra Ajak Jaga Keberadaan Subak

Subak dan Subak abian merupakan salah satu lembaga tradisional yang bercirikan kelompok masyarakat sosio-agraris religious yang berdasarkan Tri Hita Karana yaitu Parahayangan, Pawongan dan Palemahan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya sebagai suatu organisasi yang mengusahakan tanah dan pengaturan air untuk persawahan dan keberadaannya perlu dilestarikan dan diberdayakan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra dalam acara pengukuhan Majelis Subak/subak abian Madya Kabupaten Gianyar dan Majelis subak/subak abian Alit Kecamatan se-Kabupaten Gianyar di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (27/12).

Lebih lanjut, Mahayastra menegaskan bahwa dengan sudah ditetapkannya subak sebagai warisan dunia oleh UNESCO, berarti semakin memperkuatkan tekad serta semangat kita bersama untuk mempertahankan keberadaan Subak di Bali. Apalagi daerah Bali dan Gianyar khususnya yang notabene merupakan daerah tujuan wisata bisa saja menimbulkan dampak positif dan negative terhadap kelestarian budaya dan keberadaan subak. Selain itu, masalah kependudukan dan alih fungsinya lahan pertanian yang akhir-akhir ini digunakan untuk kepentingan pembangunan akomodasi seperti hotel, villa, bungalow dan restaurant juga dapat mengancam keberadaan Subak.

“sudah menjadi tanggungjawab kita untuk menjaga dan melestarikan Subak agar kedepannya dapat memberikan kesejahteraan bagi Masyarakat luas” ujar Mahayastra.

Dengan dikukuhkannya Majelis Subak/subak abian Madya Kabupaten Gianyar dan Majelis subak/subak abian alit Kecamatan se-Kabupaten Gianyar, Mahayastra berharap kedepannya dapat bersama-sama membangun daerah khususnya bidang adat dan budaya.

“Terpenting adalah keberadaan Majelis Subak/subak abian Madya Kabupaten Gianyar mampu memproteksi permasalahan-permasalahan yang muncul terutama dikawasan persubakan” Lanjutnya.

Adapun susuanan Pengurus Majelis Subak/Subak Abian Madya Kabupaten Gianyar periode 2013-2018 ialah Ketua Umum : I Nyoman Soma Wirawan, S.Sos, Ketua I: I Wayan Gede Suastika, SH, Ketua II: I Nyoman Ardana, Ketua III: I Wayan Pali, Ketua IV: I Dewa Made Mudra, Ketua V: I Made Suardana. Sekretaris Umum: I Nyoman Latra, Bendahara Umum: I Nyoman Winung, SH. (Humas Gianyar/osc)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .