01 November 2017

KPU Gianyar Gelar Jalan Santai Gerakan Sadar Pilkada

Menyongsong Pilkada serentak tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar menggelar jalan santai Gerakan Sadar Pilkada bersama masyarakat pada car free day (CFD) di Taman Kota Gianyar, (29/10).

Ketua KPU Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Putra ditemui di tengah-tengah kegiatan mengatakan tujuan jalan sehat ini untuk memberikan informasi, menggemakan demokrasi khususnya kepada masyarakat Kabupaten Gianyar.

“Menyongsong Pilkada serentak yang akan diselenggarakan 27 Juni 2018 agar seluruh jajaran masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk hadir menggunakan hak pilihnya’’ ujar Agung Gde Putra.

Acara jalan santai yang diikuti penggemar setia CFD, pejabat dan pegawai di jajaran Pemkab Gianyar, para jurnalis, serta masyarakat umum tersebut, mengambil start di jalan By Pass Darma Giri menuju jalan Ken Umang, lanjut jalan Astina Selatan dan kembali melewati jalan Kebo Iwa menuju By Pass Darma Giri. Setelah itu dilanjutkan pembagian doorprize menarik seperti sepeda, alat sekolah serta hadiah lainnya.

Kegiatan sosialisasi menyongsong Pilkada tersebut juga menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gianyar. Kepala Dinas Dukcapil Putu Gede Bayangkara mengingatkan masyarakat agar segera mengurus kepemilikan E-KTP bagi yang belum memiliki.

“Mengingat persyaratan untuk memilih harus memiliki E-KTP, kami mengingatkan agar seluruh jajaran masyarakat yang telah berumur 17 tahun agar melakukan perekaman di kantor camat dan pelayanan perekaman E-KTP keliling", ujarnya. Sedangkan, bagi masyarakat yang telah melakukan perekaman namun belum memiliki E-KTP akan diberikan Surat keterangan (SUKET) agar dapat menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak 2018.

Di areal CFD, selain dilakukan sosialisasi sadar demokrasi juga dilakukan kegiatan pemungutan sampah. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Wayan Kujus Pawitra menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang mengikuti jalan santai untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Acara sadar demokrasi ini juga didukung oleh gerakan Green Generation Bermanja (Bergerak Bersama Menjaga Lingkungan) dari SMA Negeri 1 Gianyar yang bertujuan untuk membersihkan lingkungan dengan membagikan kantong ramah lingkungan untuk memungut sampah di sepanjang rute jalan santai.

Diakhir acara, Agung Gde Putra menghimbau masyarakat agar dalam perhelatan pesta demokrasi selalu berasaskan pada asas langsung umum bebas dan rahasia (Luber) serta jujur dan adil (Jurdil). Dalam konteks ini Langsung artinya langsung datang ke TPS untuk mencoblos, Umum artinya seluruh warga yang telah memenuhi persyaratan untuk ikut serta dalam pesta demokrasi, Bebas artinya bebas menentukan pilihan dan Rahasia berarti kita harus merahasiakan pilihan kita. (HumasGianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .