13 September 2014

Komite IV DPD RI Lakukan Pengawasan APBN di Kabupaten Gianyar

Tujuh anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengadakan kunjungan di Kabupaten Gianyar, terkait pengawasan pelaksanaan Undang-Undang APBN Tahun anggaran 2014. Rombongan yang diketuai oleh Wakil Ketua Komite IV DPD RI, Litha Brent diterima Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata di ruang kerjanya, (12/9).

Litha Brent menjelaskan kunjungan Komite IV di Kabupaten Gianyar adalah untuk mengetahui, mengawasi sekaligus menyerap aspirasi dari Kabupaten Gianyar tentang Pelaksanaan APBN Tahun anggaran 2014.

Dari hasil tanya-jawab antara Bupati Gianyar beserta jajaran pengawasan didapat tujuh poin simpulan, diantaranya, potensi industri jasa pariwisata di Kabupaten Gianyar telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat, namun dukungan tersebut belum cukup memadai untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif masyarakat, perkoperasian dan UMKM. Pengawasan lainnya yang ditemukan adalah pelaksanaan keuangan daerah yang meliputi dana transfer ke daerah dan PAD telah dilaksanakan sesuai ketentuan pertauran perundang-undangan, meskipun demikian, masih dijumpai permasalahan dana transfer ke daerah yakni, Dana Alokasi Umum belum mencukupi keperluan pelayanan minimal kepada masyarakat, dan memenuhi kebutuhan pengengkatan CPNS baru.

Dalam bidang pendidikan ditemukan permasalahan pada pencairan dan BOS yang ditransfer secara langsung ke sekolah-sekolah, namun tidak ditindaklanjuiti berupa edaran atau tembusannya kepada daerah. Permasalahan belum adanya kepastian kontrak dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan/Jasa Pemerintahan) untuk pengadaan buku semester II yang dialokasikan 25% dari total DAK yang diterima. DPD RI juga mengapresiasi pencairan dana tunjungan sertifikasi guru dan tunjungan nonsertfikasi yang telah direalisasikan kepada guru, serta pemberian insentif yang bersumber dari APBD Kabupaten Gianyar kepada para kepala sekolah dan guru.

Dalam kesempatan itu Bupati Agung Bharata menekankan pelestarian budaya agara mendapatkan perhatian pusat antara lain melalui adanya dana alokasi khusu di seluruh Indonesia. Aspirasi dari Bupati ini mendapat respon positif dari seluruh anggota DPD. Selanjutnya akan disampikan sebagai bahan masukan untuk penyusunan hasil pengawasan DPD RI terhadap pelaksanaan APBN tahun 2014, dan perbaikan kebijakan perimbangan keuangan pusat dan daerah.

Adapunn anggota DPD RI yang mengadakan kunjungan di Kabupaten Gianyar, yang dipimpin Litha Brent, yakni I Nengah Wiratha, Rosma Djohan, Elnino M. Husein Mohi, Lalu Abdul Muhyi Abidin, Said Akhmad Fawzy Bachsin, da Yuan Rasugi Sang. (Humas Gianyar/bid)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .