03 September 2014

Kominda Tanah Datar Kunjungi Gianyar

Keberhasilan Kabupaten Gianyar menggelar hajatan Pilkada 2013 lalu dengan damai tanpa adanya konflik, menarik minat Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat untuk belajar langsung ke Gianyar. Rombongan diterima Kepala Badan Kesbangpollinmas Kabupaten Gianyar Ketut Artawa dan Kodim 1616/Gianyar, Letkol Inf Rachmad Puji Susetyo di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (3/9).

Rombongan Kominda Tanah Datar yang dipimpin Kapolresta Padang Panjang AKBP Jhoni Hendra, SH mengatakan pihaknya sangat berharap bisa mendapatkan informasi terkait dengan peranan Kominda Gianyar dalam pelaksanaan pilkada.

“Kami sudah mendengar Kabupaten Gianyar mampu melaksanakan pilkada dengan damai tanpa adanya konflik yang berarti. Kami ingin belajar, karena Kabupaten Tanah Datar akan menyelenggarakan pilkada tahun 2015 nanti,” kata Jhoni Hendra.

Dijelaskan juga kondisi daerah di Kabupaten Tanah Datar Sumbar, tidak jauh beda dengan Gianyar. Sama-sama mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.  Jadi untuk membuat wisatawan mau berkunjung, faktor keamanan menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpollinmas KabupatenGianyar, I Ketut Artawa mengatakan, Kominda Kabupaten Gianyar juga terdiri dari berbagai unsur, seperti TNI, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kodim maupun unsur Muspida. Keberadaan Kominda masih tetap eksis ikut menjaga stabilitas keamanan wilayah di Kabupaten Gianyar. Selama pelaksanaan pilkada, di Kabupaten Gianyar khususnya sudah ada komitmen dari para pejabat dilingkungan pemerintah untuk tidak secara aktif mengintervensi memilih mendukung salah satu calon.

“Ini adalah bentuk komitmen untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Gianyar,” tegas Ketut Artawa.

Disamping itu Kominda juga merekrut para pensiunan TNI untuk menjadi informan di tengah masyarakat, ini penting untuk mengetahui lebih dini jika timbul riak-riak permasalah agar segera bisa diantisipasi.

Kodim 1616/Gianyar, Letkol Inf Rachmad Puji Susetyo menambahkan, Kabupaten Gianyar termasuk salah satu daerah yang tertinggi kesadaran politiknya. Pada pelaksanaan pilkada para pemilih datang ke TPS menggunakan hak pilihnya, setelah itu pulang untuk selanjutnya melaksanakan aktifitas sehari-hari, tanpa terpengaruh calon mana nanti yang akan menang. Semua diterima dengan kesadaran politik yang tinggi.

“Jika mau belajar politik yang santun, datanglah ke Gianyar,” tegas Letkol Inf Rachmad Puji Susetyo. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .