14 January 2015

KODIM 1616 Gianyar Dukung Program Ketahanan Pangan

Dalam upaya mensukseskan Program swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah Pusat, jajaran TNI AD dalam hal ini Kodim 1616/Gianyar telah melaksanakan kegitan apel Danramil, Babinsa dan PPL  se-Kab. Gianyar di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian, Kab. Gianyar, (12/1). Kegiatan ini sekaligus mendukung pemantapan sasaran intensfikasi pertanian tahun 2015 yang juga dicanakangkan oleh Dinas Pertanian Kab.Gianyar.

Sebelumnya dalam Rapim TNI AD tahun 2015 di Jakarta, para Kepala Dinas Pertanian Kab/Kota se-Indonesia juga dihadirkan dalam kegiatan tersebut, sekaligus untuk menetapkan komitmen TNI AD bersinergi dengan Departemen Pertanian dalam mendukung tercapainya program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Pemerintahan Jokowi-JK dalam 3 tahun mendatang.

Apel Danramil, Babinsa dan PPL Kab Gianyar dilaksanakan untuk menyatukan visi dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai swasembada pangan. Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Rachmad PS dan Kepala Dinas Pertanian Kab Gianyar, Ir Gusti Ayu Dewi Ariani, M.Si yang  memimpin kegaitan tersebut berkomitmen dan bertekad untuk saling mendukung dalam mengatasi kendala yang ada di lapangan. Kodim 1616/Gianyar akan menurunkan Babinsa langsung kelapangan untuk membantu kesulitan petani,  sedangkan Dinas Pertanian akan menurunkan para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan tenaga teknis lainya utuk bersama-sama berdampingan dengan Babinsa di dalam pelaksanaan tugas.  Hal ini disambut baik oleh Kepala Dinas Pertanian,  Ir Gusti Ayu Dewi Ariani,  M.Si yang bersedia untuk memberikan bimbngan teknis kepada anggota Kodim 1616/Gianyar agar tidak mengalami kesulitan dalam memahami pertanian.

Sinergi dan saling dukung antara DInas Pertanian dan Kodim dalam mewujudkan swasembada pangan perlu dilakukan, agar sumberdaya yang dimiliki kedua institusi ini dapat digunakan secara optimal.Namun demikian,  leading sector kegiatan ini tetap berada di Dinas Pertanian.TNI,  dalam hal ini Kodim 1616/Gianyar hanya mendorong dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat bersama PPL. TNI mempunyai kepentingan dalam terwujudnya swasembada pangan, karena keberhasilan dalam mewujudkan swasembada pangan akan dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan menuju ketahanan nasional.

Kegiatan Apel Danramil, Babinsadan PPL Kab Gianyar tidak akan berhenti sampai di sini, momentum ini akan terus bergulir dan akan di tindak lanjuti dengan kegiatan yang nyata secara bertahap. Terkait dengan itu, rencana akan dilaksankan pelatihan mengoperasikan traktor untuk membajak sawah di Desa Tegaltugu, kec Gianyar kepada para Babinsa pada tanggal 16 Januari 2015.  Pelatihan ini dilakukan, karena kurangnya tenaga sopir traktor yang  dapat mengoperasikan traktor untuk membajak sawah pada saat awal musim tanam. Pelatihan-pelatihan teknis oleh Dinas Pertanian yang lain akan dilaksanakan pada waktu dekat kepada para Babinsa seeprti pola tanam,  pemupukan, pemeliharaan tanaman, pemanenan dll. Pelatihan teknis perlu agar  Babinsa lebih mengenal permasalahan yang ada di lingkungan petani, sehingga diharapkan para Babinsa dapat membantu langsung kesulitan para petani di lapangan.

Dalam mendukung program swasembada pangan, Kodim 1616/Gianyar juga akan melibatkan komponen masyarakat lain seperti Pramuka, FKPPI, purna Paskibraka, karma adat dll untuk bersama-sama turun kesawah membantu kesulutan petani. Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Rachmad PS percaya bahwa hanya dengan bersatunya semua komponen masyarakat di Gianyar, maka keinginan Pemerintah Jokowi-JK dalam mewujudkan swasembada pangan dapat dicapai, bahkan dalam sebelum 3 tahun, apalagi potensi pertanian Kab.  Gianyar sebenarnya sudah sangat baik dibandingkan wilayah lain di Bali. (Humas)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .